Pengembangan LKPD IPA Terpadu Berbasis Problem Based Learning (PBL) Terintegrasi Kemampuan Berpikir Kritis pada Topik Tekanan Zat Untuk Siswa Kelas VIII SMP

Ramadani, Cici (2020) Pengembangan LKPD IPA Terpadu Berbasis Problem Based Learning (PBL) Terintegrasi Kemampuan Berpikir Kritis pada Topik Tekanan Zat Untuk Siswa Kelas VIII SMP. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_09_CICI_RAMADANI_16231013_2397_2020.pdf

Download (96kB) | Preview

Abstract

Kurikulum 2013 dikembangkan dengan beberapa pembaruan, diantaranya pembelajaran yang bepusat pada siswa dan pembelajaran berpikir kritis. Pembelajaran IPA di SMP pada Kurikulum 2013 dilaksanakan secara terpadu hal ini sesuai dengan Permendikbud No.35 Tahun 2018. Pegembangan bahan ajar yang sesuai dengan Kurikulum 2013 perlu terus dilakukan, karena dilapangan terlihat bahwa pelaksanaan pembelajaran masih belum terpadu masih sulit dilaksanakan oleh beberapa guru dan pembelajaran masih berpusat pada guru sehingga kurangnya mengasah kemampuan berpikir kritis siswa, salah satu jalan keluarnya adalah mengembangkan bahan ajar berbasis Problem Based Learning yang materinya bersifat terpadu sehinggga bisa mengarahkan pembelajaran sesuai dengan tuntutan kurikulum 2013. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan LKPD IPA Terpadu berbasis Problem Based Learning Terintegrasi berpikir kiritis untuk kelas VIII SMP/MTs dan mengungkapkan tingkat validitas dan praktikalitas dari LKPD yang dikembangkan. Jenis penelitian yang digunakan adalah Research And Development (R&D) dengan menggunakan model 4-D yang terdiri dari empat tahap, yaitu tahap Define, Design, Develop, dan Dessiminate. Tetapi tahap dessiminate tidak dilakukan karna keterbatasan waktu dan biaya. LKPD di validasi oleh 3 orang dosen Pendidikan IPA FMIPA UNP menggunakan instrumen lembar validasi. Uji praktikalitas dilakukan oleh 2 orang guru IPA dan 30 orang siswa SMPN 24 Padang menggunakan instrumen lembar praktikalitas. Berdasarkan penelitian yang dilakukan didapatkan hasil LKPD IPA Terpadu Berbasis Problem Based Learning (PBL) Terintegrasi Kemampuan Berpikir Kritis Pada Topik Tekanan Zat pada kategori sangat valid dengan nilai 92,85%, dan LKPD kategori praktis dengan nilai 88,46% menurut penilian guru dan 88,90% menurut penilian siswa

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 26 Feb 2021 07:03
Last Modified: 26 Feb 2021 07:03
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/30197

Actions (login required)

View Item View Item