Pengembangan Modul Kesetimbangan Kimia Berbasis Pendekatan Saintifik denganPertanyaanProbing dan Prompting untuk Kelas XI SMA/MA

Husna, Aulia Dinul (2020) Pengembangan Modul Kesetimbangan Kimia Berbasis Pendekatan Saintifik denganPertanyaanProbing dan Prompting untuk Kelas XI SMA/MA. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_07_AULIA_DINUL_HUSNA_16035058_3539_2020.pdf

Download (97kB) | Preview

Abstract

Modul kimia berbasis pendekatan saintifik menerapkan teknik probing-prompting merupakan salah satu variasi bahan ajar untuk meningkatkan keaktifan siswa pada pembelajaran kesetimbangan kimia.Penelitian dimaksudkan untuk menghasilkan produk berupa modul berbasis pendekatan saintifik menerapkan teknik probing-prompting pada pembelajaran kesetimbangan kimia serta mengungkapkan tingkat validitas dan praktikalitas modul yang diciptakan.Jenis penelitian ini adalah Research dan Development (R&D), serta memakai model pengembangan Plomp.Tahap yang dilakukan diantaranya: penelitian awal, pembentukan prototipe, dan tahap menilai. Uji validitas modul dilakukan oleh lima orang validator terdiri dari dua orang dosen kimia FMIPA UNP dan guru kimia. Praktikalitas dilakukan oleh tiga orang guru kimia dan 14 orang siswa XII SMAN 2 Padang Panjang. Hasil analisis lembar validitas menggunakan formula Aiken’s V menunjukkan nilai V sebesar 0.85 dengan kategori valid. Analisis lembar praktikalitas pada tahap uji coba kelompok kecil diperoleh nilai kepraktisan 91% dengan kategori sangat praktis.Berdasarkan angket respon peserta didik dan guru dihasilkan nilai kepraktisan masing-masing sebesar 92% dan 88% dengan kategori sangat praktis. Modul yang diciptakan berbasis pendekatan saintifik dilengkapi pertanyaan probing-prompting disimpulkan sudah praktis dan valid.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 26 Feb 2021 02:36
Last Modified: 26 Feb 2021 02:36
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/30194

Actions (login required)

View Item View Item