Hartina, Annisa Sri (2020) Pengembangan LKPD Model Inkuiri Terbimbing Berorientasi Aktivitas Berpikir Kritis pada Materi Getaran, Gelombang dan Bunyi Kelas VIII SMP N 31 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
|
Text
A_09_ANNISA_SRI HARTINA_16231007_2451_2020.pdf Download (73kB) | Preview |
Abstract
Guru IPA dalam mengembangkan model pembelajaran tidak hanya bertujuan untuk meningkatkan aspek kognitif, afektif, dan psikomotor , tetapi juga aspek keterampilan berpikir kritis peserta didik. Hasil belajar yang rendah dan kurangnya minat belajar merupakan akibat kurang dilatihnya peserta didik berpikir kritis. Bahan ajar yang digunakan sekolah belum berorientasi aktivitas berpikir kritis sehingga peserta didik kurang dilatih dalam berpikir kritis. Salah satu solusi dari permasalahan tersebut adalah dalam pembelajaran guru harus menggunakan model pembelajaran yang sesuai dan bahan ajar yang tepat. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan LKPD Model inkuiri terbimbing untuk menumbuh kembangkan aktivitas berpikir kritis peserta didik pada materi getaran, gelombang dan bunyi serta mengungkapkan tingkat validitas dari LKPD. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R&D) dengan menggunakan model pengembangan Plomp. Instrumen penelitian yang digunakan berupa angket dalam bentuk lembar validitas yang divalidasi oleh 4 validator. Berdasarkan hasil penelitian didapatkan nilai validasi sebesar 90 % dengan kategori sangat valid. Penelitian ini menyimpulkan bahwa LKPD Model Inkuiri Terbimbing Berorientasi Aktivitas Berpikir Kritis layak digunakan untuk pembelajaran IPA di SMP/MTs
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | Q Science > Q Science (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika - S1 |
Depositing User: | Fitri Yelli |
Date Deposited: | 26 Feb 2021 02:36 |
Last Modified: | 26 Feb 2021 02:36 |
URI: | http://repository.unp.ac.id/id/eprint/30186 |
Actions (login required)
View Item |