Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Kelas VII SMP Negeri 31 Padang Tahun Pelajaran 2019/2020

Riza, Vivi Silvia (2020) Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Kelas VII SMP Negeri 31 Padang Tahun Pelajaran 2019/2020. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_01_VIVI_SILVIA_RIZA_15029123_2657_2020.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Kemampuan komunikasi matematis merupakan hal yang sangat penting dalam pembelajaran maternatika di sekolah, karena kemampuan komunikasi matematis merupak.an salah satu kemampuan yang harus dimiliki oleh setiap siswa dan juga merupakan alat yang dapat digunakan untuk menyelesaikan permasalahan-permasalahan khususnya permasalahan matematika. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kemampuan komunikasi matematis siswa berkemampuan tinggi, siswa berkemampuan sedang, dan siswa berkemampuan rendah dalam menyelesaikan soal matematika pada kelas VII SMP Negeri 31 Padang tahun pelajaran 2019/2020. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII-5 SMP Negeri 31 Padang yang berjumlah 31 orang. Data yang digunakan merupakan hasil penilaian terhadap lembar jawaban siswa pada penilaian harian tentang materi persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel menggunakan rubrik indikator kemampuan komunikasi matematis. Kemampuan komunikasi maternatis siswa di ukur berdasarkan indikator kemampuan komunikasi matematis, yaitu (1) mengekspresikan ide-ide matematika secara tulisan; (2) menjelaskan ide, strategi, situasi dan relasi matematika secara tulisan dengan aljabar; (3) menggunakan kalirnat lengkap, sirnbol, tabel, diagram atau media fain untuk memperjelas keadaan atau masalah, Hasil peneli tian menunj ukkan ( l) Indikator yang paling menonj ol bagi siswa berkemampuan tinggi adalah indikator pertama, sedangkan indikator yang paling tidak menonjol bagi siswa berkemampuan tinggi adalah indikator ketiga; (2) lndikator yang paling menonjol bagi siswa berkemampuan sedang adaJah indikator pertama, sedangkan indikator yang paling tidak menonjol bagi siswa berkemampuan tinggi adalah indikaror ketiga; (3) Jndikator yang paling menonjol bagi siswa berkemarnpuan rendah adalah indikator pertama, sedangkan indikator yang paling tidak menonjol bagi siswa berkemampuan tinggi adalah indikator kedua.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 26 Feb 2021 02:35
Last Modified: 26 Feb 2021 02:35
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/30172

Actions (login required)

View Item View Item