Pengaruh Permainan Mengubur Angka terhadap Kemampuan Mengenal Angka pada Kelompok Bermain di PAUD Maghfirah Kota Padang

Anisa, Elva (2020) Pengaruh Permainan Mengubur Angka terhadap Kemampuan Mengenal Angka pada Kelompok Bermain di PAUD Maghfirah Kota Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_07_ELVA_ANISA_14022038_1330_2020.pdf

Download (93kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini diawali dengan kenyataan bahwa rendahnya kemampuan mengenal angka anak serta media yang digunakan guru tidak menarik bagi anak. permainan mengubur angka ini belum pernah digunakan dalam mengembangkan kemampuan mengenal angka anak, selama ini permainan yang digunakan dalam mengembangkan kemampuan mengenal angka anak adalah permainan kartu angka. Penelitan ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh permainan mengubur angka terhadap kemampuan mengenal angka pada kelompok bermain di PAUD Maghfirah Kota Padang. Penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 26 Agustus sampai 6 September 2019 di PAUD Maghfirah Kota Padang dengan menggunakan pendekatan kuantitatif yang berbentuk Quasy Experiment. Populasi penelitian adalah peserta didik di PAUD Maghfirah Kota Padang, dan teknik pengambilan sampelnya adalah Sampling Purposive yaitu, kelas A1 dan kelas A2 masing-masingnya berjumlah 10 orang anak. teknik pengumpulan datanya menggunakan tes buatan guru, berupa pernyataan sebanyak 4 butir item pernyataan dan alat pengumpul data digunakan lembaran pernyataan. Kemudian data diolah dengan uji perbedaan (t-test). Berdasarkan analisis data, diperoleh rata-rata hasil tes kelompok eksperimen adalah 91,87 dan SD sebesar 7,42 sedangkan kelompok kontrol adalah 82,5 dan SD sebesar 6,12. Pada pengujian hipotesis diperoleh thitung sebesar 2,9281 dan ttabel sebesar 2.10092 pada taraf nyata α=0,05 (5%) dan dk = 18. Maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan permainan mengubur angka berpengaruh signifikan terhadap kemampuan mengenal angka anak di PAUD Maghfirah Kota Padang tahun ajaran 2019/2020

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 26 Feb 2021 02:34
Last Modified: 26 Feb 2021 02:34
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/30162

Actions (login required)

View Item View Item