Evaluasi Implementasi Sistem Blok Pada Sekolah Menengah Kejuruan Permata Harapan

Ilmi, Miftahul (2020) Evaluasi Implementasi Sistem Blok Pada Sekolah Menengah Kejuruan Permata Harapan. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
5_A_MIFTAHUL_ILMI_18138048_2726_2020.pdf

Download (739kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi implementasi sistem blok di Sekolah Menengah Kejuruan Permata Harapan, dimana guru dan siswa pada proses pelaksanaan sistem ini memiliki beberapa kendala, seperti pengendalian kelas dan penanggulangan kejenuhan siswa, berdasarkan hal tersebut sistem ini dievaluasi berdasarkan: (1) pemahaman dan penerapan sistem blok yang dilakukan oleh staf pengajar, (2) pemahaman implementasi sistem blok oleh siswa, (3) ketersediaan fasilitas dan infrastruktur di Sekolah Permata Harapan dalam rangka mendukung kompetensi siswa yang baik. Model evaluasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah model context, input, process dan product (CIPP). Pada penelitian ini diterapkan metode kombinasi (mix methode) dengan model sequential explanatory yang menggunakan kombinasi pendekatan kuantitatif dan kualitatif secara squential atau beruntun. Pada tahap pertama dilakukan dengan metode kuantitatif dengan responden guna mendapatkan data kuantitatif dan selanjutnya dilanjutkan dengan penelitian kualitatif untuk memperdalam, membuktikan kembali dan memberi makna basil penelitian Subjek penelitian ini adalah 80 siswa kelas X dan XI Sekolah Permata Harapan dan beberapa pejabat sekolah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa skor yang diperoleh didasarkan pada pernahaman tentang implementasi sistem blok menggunakan metode evaluasi CIPP yang termasuk dalam kategori baik dan mencapai persentase 83,96%, dengan rincian masing-masing aspek sebagai berikut: (1) aspek konteks 83,1%, (2) 86,24% aspek masukan, (3) 82,27% aspek proses, (4) 84,25% aspek produk. Berdasarkan pembahasan dari basil observasi dan dokumentasi didapat rata-rata pencapaian semua aspek mencapai angka 83 ,96% dimana basil ini diperdalam dengan basil penelitian kualitatif yang menunjukkan hasil sama, sehingga dapat disimpulkan bahwa implementasi sistem blok pada SMK Permata Harapan sudah tergolong baik tetapi masih diperlukan peningkatan di berbagai aspek supaya tujuan implementasi sistem blok bisa tercapai dengan sempuma.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknologi dan Kejuruan - S2
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 24 Feb 2021 01:40
Last Modified: 24 Feb 2021 01:40
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/30159

Actions (login required)

View Item View Item