Kajian implementasi sistem manajemen keselamatan pertambangan dalam rangka meningkatkan performa keselamatan dan kesehatan kerja tambang bijih emas ba wah tanah di pt. Dempo manju cemerlang, kabupaten pesisir selatan, provinsi Sumatera barat

Jumarinda, Jumarinda (2020) Kajian implementasi sistem manajemen keselamatan pertambangan dalam rangka meningkatkan performa keselamatan dan kesehatan kerja tambang bijih emas ba wah tanah di pt. Dempo manju cemerlang, kabupaten pesisir selatan, provinsi Sumatera barat. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
11_A_JUMARINDA_16137010_3330_2020.pdf

Download (578kB) | Preview

Abstract

PT. Dempo Maju Cemerlang merupakan salah satu perusahaan tambang emas yang menerapkan sistem tambang bawah tanah (Underground Mining). Belum sepenuhnya terlaksana program manajemen keselamatan pertambangan, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persentase penerapan Sistem Manajemen Keselamatan Pertambangan (SMKP), statistik kecelakaan kerja frequency rate dan severity rate, serta potensi bahaya dalam beberapa bidang pekerjaan yang dapat menimbulkan kecelakaan serta mengungkapkan pengendalian bahaya dalam bentuk Job Safety Analysis (JSA). Teknik pengumpulan data menggunakan angket kuesioner, wawancara, dan pengamatan aktivitas kerja. Hasil analisis kuesioner tingkat implementasi SMKP secara keseluruhan di PT. Dempo Maju Cemerlang berdasarkan perhitungan skala likert adalah 80,9%. Dengan ktriteria elemen kebijakan 84,2%, elemen perencanaan 81,3%, elemen organisasi dan personel 83,7%, elemen implementasi 81,1%, elemen evaluasi dan tindak lanjut 80%, elemen dokumentasi 75,6%, dan elemen tinjauan manajemen 75,3%. Kekerapan kecelakaan pada tahun 2019 sebesar 44,18 dengan tingkat keparahan 166,55. JSA yang dihasilkan untuk mengidentifikasi bahaya kerja di lubang utama SOD (South Ore Drift) yaitu dalam pekerjaan mesin bor jack leg dan pengoperasian lokomotif diesel.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: T Technology > TN Mining engineering. Metallurgy
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Pertambangan - S1
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 23 Feb 2021 06:26
Last Modified: 23 Feb 2021 06:26
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/30157

Actions (login required)

View Item View Item