Analisis lmplementasi Andragogy Model Pembelaj aran Blended Learning Mata Kuliah Sejarah Pemikiran Modern pada Program Studi Desain Komunikasi Visual Universitas Negeri Padang

Rahmat, lmran (2020) Analisis lmplementasi Andragogy Model Pembelaj aran Blended Learning Mata Kuliah Sejarah Pemikiran Modern pada Program Studi Desain Komunikasi Visual Universitas Negeri Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
5_A_IMRAN_RAHMAT_17138101_3036_2020.pdf

Download (676kB) | Preview

Abstract

Yang menjadi latar belakang dari penelitian ini yaitu Blended Learning pada pendidikan orang dewasa, Universitas Negeri Padang sebagai Lembaga Pendidikan Tinggi yang menyelenggarakan pendidikan orang dewasa (Andragogy), memang belum menerapkan Blended Learning pada keseluruhan mata kuliahnya. Tetapi ada beberapa mata kuliah yang sudah menerapkan Blended Learning pada proses pembelajaranya, salah satunya yaitu Mata Kuliah Sejarah Pemikiran Modem pada Program Studi Desain Komunikasi Visual, Jurusan Seni Rupa, Fakultas Bahasa dan Seni. Untuk melihat implementasi Andragogy, salah satu teori yaitu RAMP 2 FAME yang mempunyai 9 prinsip (Recency, Appropriateness Motivatio, Primacy, 2-Way Communication, Feedback, Active Learning, Multi-Sense Learning, Excercise) bisa menjadi indikator apakah model pembelajaran sudah memenuhi prinsip-prinsip Pendidikan untuk orang dewasa. Sehingga bisa dilihat implementasi Andragogy dengan melihat prinsip-prinsip RAMP 2 FAME pada Blended Learning mata kuliah Sej arah Pemikiran Modem. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan menggunakan metode campuran (Mixed Method), yang menjadi Subjek pada penelitian ini adalah mata kuliah Sejarah Pemikiran Modem pada program studi Desain Komunikasi Visual Universitas Negeri Padang yang sudah mengaplikasikan Blended Learning pada perkuliahanya. Adapun basil penelitian dapat dilihat secara umum implementasi Andragogy dengan prinsip-prinsip RAMP 2 FAME sudah terimplementasi dengan "Baik" walaupun ada beberapa prinsip yang belum terimplementasi secara optimal dengan berada dikategori "Kurang", prinsip yang belum terimplementasi secara optimal adalah prinsip 2-Way Communication atau Komunikasi 2 Arah

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknologi dan Kejuruan - S2
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 23 Feb 2021 06:25
Last Modified: 23 Feb 2021 06:25
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/30152

Actions (login required)

View Item View Item