Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran lnkuiri terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Peserta Didik Kelas XI MIP A SMAN 2 Lubuk Basung Tahun Pelajaran 2019/2020

Yuni, Ulfi Waddani (2020) Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran lnkuiri terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Peserta Didik Kelas XI MIP A SMAN 2 Lubuk Basung Tahun Pelajaran 2019/2020. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_01_ULFI_WADDANI_YUNI_16029038_1576_2020.pdf

Download (831kB) | Preview

Abstract

Kemampuan pemecahan masalah merupakan kemampuan yang menjadi tujuan dari pembelajaran matematika. Kenyataan di lapangan ditemukan bahwa kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik kelas XI MIP A SMAN 2 Lubuk Basung masih rendah. Hal ini di lihat dengan memberikan soal tes kemampuan pemecahan masalah matematis berupa soal cerita ditemukan bahwa peserta didik belum mampu menyelesaikan permasalahan matematis secara tepat dan benar. Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk mengatasi permasalahan tersebuta dalah dengan penerapan model pembelajaran inkuiri dalam proses pembelajaran matematika. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan apakah kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik yang pembelajarannya dengan penerapan model pembelajaran inkuiri lebih baik daripada kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik yang pembelajarannya dengan penerapan model pembelajaran langsung dan untuk mengetahui serta mendeskripsikan bagaimana perkembangan kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik yang pembelajarannya dengan penerapan model pembelajaran inkuiri di kelas XI MIP A SMAN 2 Lubuk Basung. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian quasy-eksperimen dengan rancangan penelitian menggunakan The Static Group Design. Populasi pada penelitian ini adalah peserta didik kelas XI MIPA SMAN 2 Lubuk Basung Tahun Pelajaran 2019/2020. Sampel diambil dengan teknik Simple Random Sampling, sehingga terpilih kelas XI MIPA 5 sebagai kelas eksperimen dan XI MIPA 2 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan yaitu berupa soal tes kemampuan pemecahan masalah matematis berbentuk soal essay. Data yang diperoleh dianalisis dengan Uji Normalitas, Uji Homogenitas dan Uji t. Berdasarkan analisis terhadap data penelitian terlihat bahwa pada taraf nyata a = 0,05 diperoleh P - value = 0.000. Karena P-Value < a J maka tolak HO • Berdasarkan hasil analisis data penelitian ini menunjukkan terdapat pengaruh dari penerapan Model Pembelajaran Inkuiri terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik, sehingga kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik yang belajar dengan Model Pembelajaran Inkuiri lebih baik dari pada kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik yang belajar dengan Model Pembelajaran Langsung.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 23 Feb 2021 06:24
Last Modified: 23 Feb 2021 06:24
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/30130

Actions (login required)

View Item View Item