Sintesis dan Karakterisasi Katalis Karbon Ampas Bengkuang Tersulfonasi untuk Produksi Biodiesel dari PFAD (Palm Fatty Acid Distillate)

Rasmulya, Siti Vivi (2020) Sintesis dan Karakterisasi Katalis Karbon Ampas Bengkuang Tersulfonasi untuk Produksi Biodiesel dari PFAD (Palm Fatty Acid Distillate). Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_08_SITI_VIVI_RASMULYA_16036021_1605 _2020.pdf

Download (424kB) | Preview

Abstract

Penggunaan bahan bakar fosil secara terus-menerus dapat membuat cadangan minyak bumi menipis. Oleh karena itu diperlukan sumber energi altematif yang terbarukan. Salah satunya adalah biodiesel. Biodiesel diproduksi melalui esterifikasi PFAD menggunakan katalis karbon ampas bengkuang tersulfonasi. Penelitian tentang Sintesis dan Karakterisasi Katalis Karbon Ampas Bengkuang Tersulfonasi telah dilakukan. Katalis disintesis melalui dua tahap yaitu kalsinasi dan sulfonasi. Variasi yang dilakukan adalah kalsinasi dengan aliran gas N2 dan tanpa aliran gas N2. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menentukan metode apa yang cocok digunakan dalam kalsinasi ampas bengkuang. Berdasarkan penelitian yang dilakukan, katalis dengan variasi kalsinasi menggunakan aliran gas N2 memiliki jumlah situs asam yang lebih banyak. Biodiesel yang dihasilkan diuji sifat-sifatnya seperti bilangan asam dan densitas. Biodiesel variasi kalsinasi dengan aliran gas N2 memiliki nilai densitas yang sesuai dengan standar SNI, bilangan asam rendah dengan %konversi 63 ,4146%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 23 Feb 2021 06:24
Last Modified: 23 Feb 2021 06:24
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/30127

Actions (login required)

View Item View Item