Pengembangan Multimedia Pembelajaran Berbasis Edutainment pada Mata Pelajaran IPS Terpadu Kelas VII SMP/Sederajat

Rahmadhani, Rani (2020) Pengembangan Multimedia Pembelajaran Berbasis Edutainment pada Mata Pelajaran IPS Terpadu Kelas VII SMP/Sederajat. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_03_RANI_RAHMADHANI_15004045_692_2020.pdf

Download (47kB) | Preview

Abstract

Berdasarkan pengamatan pada proses pembelajaran IPS Terpadu kelas VII di SMP Negeri 22 Padang, terdapat permasalahan terkait rendahnyan motivasi belajar peserta didik yang dilatarbelakangi oleh pembelajaran yang bersifat monoton dan kurang variatif. Oleh sebab itu, penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan produk multimedia pembelajaran bernuansa hiburan (edutainment) yang valid dan praktis sesuai dengan kriteria kelayakan media untuk mata pelajaran IPS Terpadu kelas VII SMP/Sederajat. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan yang dikenal dengan istilah Research and Development (R&D), menggunakan model pengembangan Borg and Gall yang disederhanakan sesuai dengan kebutuhan penelitian merujuk pada lima langkah pokok diantaranya : 1) perencanaan, 2) pengembangan produk awal, 3) validitas produk, 4) uji coba, dan 5) produk akhir. Uji validitas produk dilakukan oleh 3 validator yaitu 1 orang validator materi dan 2 orang validator media. Uji coba praktikalitas produk dilakukan kepada 30 orang siswa kelas VII1 di SMP Negeri 22 Padang. Instrumen pengumpulan data melalui observasi, wawancara, format penilaian dan angket. Berdasarkan hasil penelitian dan pengembangan multimedia pembelajaran berbasis edutainment pada mata pelajaran IPS Terpadu kelas VII SMP/Sederajat menunjukkan bahwa, hasil uji validasi materi termasuk kriteria “sangat baik” dengan nilai dari validator sebesar 4,40 (88%), untuk aspek media termasuk kriteria “sangat layak” dengan nilai dari validator I sebesar 4,05 (81%) dan validator II sebesar 4,89 (98%). Selanjutnya, untuk hasil uji kepraktisan produk berdasarkan uji coba yang telah dilakukan termasuk kriteria “sangat praktis” dengan nilai rata-rata sebesar 4,85 (97%). Hasil uji efektivitas dengan menggunakan uji t, diperoleh thitung = 2,285 dan ttabel = 2,000 yang berarti thitung > ttabel termasuk kriteria “efektif”. Jadi, dapat disimpulkan bahwa multimedia pembelajaran berbasis edutainment pada mata pelajaran IPS Terpadu kelas VII SMP/Sederajat sudah layak dan praktis digunakan untuk menunjang proses pembelajaran agar menjadi lebih menyenangkan dan secara efektif meningkatkan hasil belajar peserta didik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
T Technology > GT Technology (general)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 23 Feb 2021 06:24
Last Modified: 23 Feb 2021 06:24
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/30118

Actions (login required)

View Item View Item