Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) Terhadap Basil Belajar Siswa di SMK dengan Pendekatan Metode Studi Literatur (Library Research)

Gunawan, Ahmad (2020) Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) Terhadap Basil Belajar Siswa di SMK dengan Pendekatan Metode Studi Literatur (Library Research). Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
9_A_AHMAD_GUNAWAN_16073067_2190_2020.pdf

Download (641kB) | Preview

Abstract

Banyak artikel tentang model pembelajaran kooperatif STAD yang dapat ditemukan dari Google Scholar. Untuk itu maka diperlukan penelitian yang membahas Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) Terhadap Hasil Belajar Siswa di SMK. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) Terhadap Hasil Belajar Siswa di SMK dengan Pendekatan Metode Studi Literatur (Library Research). Penelitian ini menggunakan Metode kepustakaaan (library research) yang mengunakan analisis deskriptif. Data yang digunakan adalah data sekunder yaitu jumal ilmiah terindek sinta berupa artikel. Metode pengumpulan data pada penelitian ini adalah metode dokumentasi dengan teknik analisis data berupa analisis isi (content analysis). Langkah-langkah menggali ide umum tentang penelitian, mempertegas focus penelitian, mengatur dan menyusun bahan yang digunakan dalam penelitian, mencari dan menemukan bahan bacaan (artikel, jumal, buku-buku, dokumen yang sudah diterbitkan dan lain sebagainya) yang mendukung penelitian, penyusunan kembali bahan agar menjadi baik, review dan membuat catatan penelitian, penyusunan kembali, dan menulis hasil penelitian. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada pengaruh penggunaan model kooperatif tipe student team achievement division (STAD) terhadap hasil belajar siswa di SMK dengan pendekatan studi literatur (library research) dengan rata-rata keseluruhan hasil belajar dari artikel sebesar 77.71. Sehingga disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe STAD berpengaruh terhadap hasil belajar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Otomotif - S1
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 23 Feb 2021 06:23
Last Modified: 23 Feb 2021 06:23
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/30117

Actions (login required)

View Item View Item