Pengembangan E-Modul Berbasis Multimedia dengan Aplikasi Kvisoft Flipbook Maker pada Mata Pelajaran IPA Kelas VIII SMP

Zuliar, Eka (2020) Pengembangan E-Modul Berbasis Multimedia dengan Aplikasi Kvisoft Flipbook Maker pada Mata Pelajaran IPA Kelas VIII SMP. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_03_EKA_ZULIAR_15004004_332_2020.pdf

Download (108kB) | Preview

Abstract

Pengembangan e-modul berbasis multimedia dengan menggunakan aplikasi kvisoft flipbook maker merupakan upaya membantu guru dalam mengajar dan sebagai sumber belajar mandiri bagi siswa dan sebagai bahan belajar yang sesuai dengan kelayakan materi dan media. Penelitian bertujuan menghasilkan produk e-modul pembelajaran sebagai media pembelajaran yang sesuai dengan kriteria kelayakan media, materi dan efektif pada kelas VIII di SMP Negeri 9 Pariaman. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian Reseacrh and Development (R&D). Uji validitas produk dilakukan oleh tiga orang validator dengan satu orang validator materi dan dua orang validator media. Uji coba produk dilakukan kepada guru IPA dan siswa kelas VIII SMP Negeri 9 Pariaman yang belajar IPA dengan jumlah 21 orang melakukan uji praktikalitas dengan mengisi angket. Berdasarkan hasil penilaian kelayakan dari validator materi dan validator media, diperoleh hasil validasi materi sebesar 4,6 dengan persentase 92% dikategorikan “sangat baik”, dan validitas dari media 1 diperoleh rata-rata sebesar 4,63 dengan persentase 92,5% dikategorikan “sangat baik” sedangkan validasi media 2 diperoleh rata-rata sebesar 4,88 dengan persentase 97,5% dikategorikan “sangat baik”. Analisis praktikalitas dari instrumen dengan angket respon siswa dan guru memiliki kategori ”sangat praktis” dengan nilai skor rata-rata sebesar 4,43 dengan persentase 88,6% untuk praktikalitas siswa dan 4,46 dengan persentase 89,3% untuk praktikalitas guru. Hasil uji efektivitas didapat thitung sebesar 4,809, kemudian dilihat ttabel menggunakan tabel t dengan df = N-1 = 21-1 = 20 dengan α 0,05 maka ttabel adalah 0,4227. Berdasarkan hasil validitas, praktikalitas, dan efektivitas dapat disimpulkan bahwa emodul yang dikembangkan valid, praktis dan efektif digunakan dalam pembelajaran mata pelajaran IPA.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
T Technology > GT Technology (general)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 22 Feb 2021 01:42
Last Modified: 22 Feb 2021 01:42
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/30112

Actions (login required)

View Item View Item