Pengembangan Modul Titrasi Asam dan Basa Berbasis Inkuiri Terbimbing dilengkapi soal-soal Tipe HOTS untuk kelas X SMA/MA

Asda, Eka Frima (2021) Pengembangan Modul Titrasi Asam dan Basa Berbasis Inkuiri Terbimbing dilengkapi soal-soal Tipe HOTS untuk kelas X SMA/MA. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_7_EKA_FRIMA_ASDA_15035069_376_2020.pdf

Download (548kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul titrasi asam dan basa berbasis inkuiri terbimbing dilengkapi soal-soal tipe HOTS untuk kelas XI SMA/MA serta menentukan kategori validitas dan praktikalitas dari modul. Kurikulum 2013 revisi 2018 mencanangkan bahwa pembelajaran hams berpusat kepada peserta didik, berpikir kritis, dan aktif dalam mencari atau penemuan suatu konsep. Kurikulum 2013 menuntut guru melaksanakan pembelajaran dengan pendekatan saintifik. Pendekatan saintifik dalam pembelajaran perlu diperkuat dengan menerapkan model pembelajaran salah satunya adalah model pembelajaran Inkuiri terbimbing. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R&D), yaitu penelitian yang menghasilkan produk tertentu. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model Plomp yang terdiri atas tiga tahapan yaitu penelitian awal (preliminary research), pembentukan prototipe (prototyping stage), dan tahap penilaian (assessment phase). Jenis data yang diperoleh adalah data primer yaitu data yang diperloeh langsung dari sumber. Instrumen yang digunakan berupa angket validasi dan angket praktikalitas yang dianalisis dengan menggunakan formula kappa cohen. Penelitian ini telah menghasilkan bahan ajar berupa modul titrasi asam dan basa berbasis inkuiri terbimbing dilengkapi soal- soal tipe HOTS dengan tingkat kevalidan dan kepraktikalitasan pada kategori sangat tinggi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 05 Apr 2021 07:23
Last Modified: 05 Apr 2021 07:24
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/30099

Actions (login required)

View Item View Item