Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TG T) terhadap Hasil Belajar pada Mata Pelajaran Dasar Perancangan Teknik Mesin di SMK Negeri5 Padang

Muyani, Saski (2020) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TG T) terhadap Hasil Belajar pada Mata Pelajaran Dasar Perancangan Teknik Mesin di SMK Negeri5 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
7_A_SASKI_MULYANI_16067025_3504_2020.pdf

Download (548kB) | Preview

Abstract

Salah satu indikator standar mutu pendidikan yang terukur dapat dilihat dari basil belajar siswa. Lulusan yang berkualitas tidak akan Serwujud apabila basil belajar siswa belum optimal. Fakta bahwa nilai siswa di mata pelajaran (DPTM) masih dibawah kritseria ketuntasan minimal (KKM).Proses pendidikan di sekolah menggunakan metode yang belum dapat mengoptimalkan capaian belajar siswa.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan basil belajar kelas eksperimen dan kelas kontrol mata pelajaran DPTM di SMK Negeri 5 Padang. Reasearch ini menggunakan metode quasy eksperiment (eksperimen semu) dengan jumlah populasi sebanyak 64 siswa dengan dua kelompok sampel, kelompok Eksperimen dan Kontrol. Sampel pada reascrch dilakukan pemilihan dengan teknik nonprobabilty sampling serta porposivesampling. Hasil penelitian yangdilakukan pada kelompok Eksperimen yang mengadopsi model pembelajaran Teaams Games Tourrnament (TGT) dengan rata-rata 81,12 dan kelompok kontrol yang mengadopsi model pembelajaran Konvesional mendapat nilai rata-rata 77,51. Hasil belajar siswa di pelajaran DPTM mengalami peningkatan setelah menggunakan metode pembelajaran tipe Tearm Games Tournament (TGT). Terlihat perbedaan basil belajar siswa setelah diberikan tes akhir antara kelompok yang berpengaruh sebesar 8 % sehingga dapat disimpulkan model pembelajaran (TGT) dapat meningkkatkan basil belajar siswa jika di terapkan dalam jangka waktu panjang dan lebih efektif lagi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin - S1
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 22 Feb 2021 01:41
Last Modified: 22 Feb 2021 01:41
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/30097

Actions (login required)

View Item View Item