Pengaruh penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay two Stray terhadap kemampuan komunikasi matematis peserta didik kelad VIII SMP negeri 31 Padang

Maharani, Riska (2021) Pengaruh penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay two Stray terhadap kemampuan komunikasi matematis peserta didik kelad VIII SMP negeri 31 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_1_RISKA_MAHARANI_15029044_617_2020.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Kemampuan komunikasi matematis merupakan salah satu tujuan dari pembelajaran irnatematika. Namun pada kenyataannya kemampuan komunikasi rnatematis peserta didik kelas VIII SMP Negeri 31 Padang belum optimal. Hal ini disebabkan karena mode]pernbelajaran yang diterapkan belurn efektif dalam rnelatih kemampuan peserta didik dalam nengornunikasikan ide-ide matematikanya. Oleh karena itu perlu dikembangkan suatu model pembelajaran yang dapat rnelatih kemampuan komunikasi matematis peserta didik. Solusi yang ditawarkan untuk mengoptimalkan kemampuan kornunikasi rnaternatis peserta didik yaitu dengan menerapkan model pembelajaran Two Stay Two Stray. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan apakah kemampuan komunikasi matematis peserta didik kelas VIII SMP Negeri 31 Padang yang belaj ar dengan menggunakan model Two Stay Two Stray lebih baik dari pada kemampuan komunikasi matematis peserta didik yang belajar dengan menggunakan pembelajaran konvensional. Jenis penelitian mi adalah eksperimen semu dengan rancangan randomized control group only design. Populasi pada penelitian ini yaitu peserta didik kelas VIII SMP Ncgcri 31 Padang dcngan kclas ckspcrirncn Vlll.6 dan kclas kontrol VIIl.7. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan res kemampuan komunikasi matematis berbentuk soal essay. Berdasarkan hasil analisis data, terlihat bahwa pada taraf nyata a = 0.,05 dengan melakukan uji-t diperoleh P-value = 0,005, karena P-value < a, maka Ho ditolak. Ini berarti bahwa kemampuan komunikasi matematis peserta didik yang belajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe two stay two stray lebih baik daripada kemampuan kornunikasi matematis peserta didik yang belajar dengan pembelajaran konvensional di kelas VIII SMP Negeri 31 Padang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 05 Apr 2021 00:42
Last Modified: 05 Apr 2021 00:42
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/30094

Actions (login required)

View Item View Item