Analisa Perbandingan Jumlah Laju Pemindahan Tanah Berdasarkan Metode Simple Reserve,Metode Kerucut Terpancung Dan Digital Terrain Modelling PT. Timah Tbk

Sakti, Okta Suryaman (2020) Analisa Perbandingan Jumlah Laju Pemindahan Tanah Berdasarkan Metode Simple Reserve,Metode Kerucut Terpancung Dan Digital Terrain Modelling PT. Timah Tbk. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
12_A_OKTA_SURYAMAN_SAKTI_17080048_3558_2020.pdf

Download (501kB) | Preview

Abstract

Kapa/ !sap Produksi (KIP) merupakan salah satu a/at yang digunakan untuk penambangan bijih timah di lepas pantai oleh PT Timah Tbk. Perhitungan laju pemindahan tanah (LPT) KIP pada saat ini dianggap be/um representatif terhadap keseluruhan penggalian KIP sebab menggunakan data koordinat penggalian yang direkam pada badan KIP dengan interval pengambilan data hanya pada setiap awal dan akhir shift. Tujuan penelitian ini adalah untuk menghitung LPT menggunakan metode Kerucut Terpancung dan Digital Terrain Modelling serta membandingkan dan menganalisa data penggalian dan hasil perhitungan tersebut untuk mengetahui metode yang lebih representatif terhadap keseluruhan penggalian KIP. Data yang digunakan merupakan data penggalian KIP 17 dan data Sistem Informasi Operasi Produksi Laut (SIOPL) bu/an November-Februari 2020. Berdasarkan hasil perhitungan, perhitungan LPT dengan metode Digital Terrain Modelling memiliki angka rata-rata tertinggi yaitu sebesar 163 m3 /jam, sedangkan perhitungan LPT dengan metode Kerucut Terpancung memiliki angka terendah yaitu 95 m3 /jam. Berdasarkan hasil analisa perbandingan tiap metode dan interpretasi data penggalian, metode Digital Terrain Modelling yang menggunakan data SIOPL menjadi metode perhitungan yang lebih representatif terhadap keseluruhan penggalian KIP dibandingkan metode lainnya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: T Technology > TN Mining engineering. Metallurgy
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Pertambangan - D3
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 19 Feb 2021 03:33
Last Modified: 19 Feb 2021 03:33
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/30082

Actions (login required)

View Item View Item