Hubungan Ketersediaan Fasilitas Bengkel Otomotif Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pekerjaan Dasar Teknik Otomotif Pogram Keahlian Teknik Kendaraan Ringan Kelas X di SMK Negeri 1 Bukittinggi

Afandi, Ridwan (2020) Hubungan Ketersediaan Fasilitas Bengkel Otomotif Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pekerjaan Dasar Teknik Otomotif Pogram Keahlian Teknik Kendaraan Ringan Kelas X di SMK Negeri 1 Bukittinggi. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
9_A_RIDWAN_AFANDI_1206443_2360_2020.pdf

Download (768kB) | Preview

Abstract

Ketersediaan fasilitas bengkel adalah tingkat ketercapaian jumlah sarana yang secara langsung digunakan untuk pembelajaran praktek oleh siswa teknik kendaraan ringan dengan standar yang seharusnya dimiliki o leh sekolah atau jurusan. Hasil belajar adalah pengetahuan, keterampilan, dan perubahan sikap yang diperoleh setelah siswa melakukan proses belajar pekerjaan dasar teknik otomotif yang langsung dapat diukur dengan tes dimana penilaiannya dinyatakan dalam bentuk angka atau huruf. Penelitian ini beranjak dari fenomena yang menunjukkan adanya ketersediaan fasiliatas bengkel yang masih belum memadai dan masih adanya nilai siswa yang dibawah KKM pada ujian akhir semester. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan hubungan ketersedian fasilitas bengkel otomotifterhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran pekerjaan dasar teknik otomotifprogram keahlian teknik kendaraan ringan kelas X di SMK Negeri 1 Bukittinggi. Jenis penelitian ini adalah penelitian korelasional. Subjek penelitian yang dilibatkan dalam penelitian ini adalah sebanyak 41 siswa kelas X Teknik Kendaraan Ringan. Alat pengumpul data adalah angket. Data diolah dengan menggunakan Microsoft excel 2010. Teknik analisis data menggunakan: (1) analisis deskriptif yaitu dengan mencari skor mean, standar deviasi, range skor minimum dan maksimum serta persentase. (2) uji persyaratan analisis yaitu dengan uji normalitas dan linearitas. (3) pengujian hipotesis statistik yaitu dengan uji korelasi dan uji keberartian korelasi. Temuan penelitian tentang hubungan ketersediaan fasilitas bengkel praktek otomotif dengan hasil belajar yaitu: (1) persentase ketersediaan fasilitas bengkel praktek otomotif siswa adalah 88,76 % dan termasuk kategori tinggi. (2) persentase hasil belajar adalah 82,76% dan termasuk kategori tinggi. (3) hubungan antara ketersediaan fasilitas bengkel praktek otomotif dengan hasil belajar yaitu dengan klasifikasi harga Thitung > ftabel (0,452 > 0.308), dengan arti kata terdapat hubungan cukup tinggi (0,452) antara keduanya yang berarti. Dengan keberartian thitung 3,17 > ttabel 1,68.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Otomotif - S1
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 18 Feb 2021 07:43
Last Modified: 18 Feb 2021 07:43
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/30076

Actions (login required)

View Item View Item