Meningkatkan Kemampuan Menulis melalui Metode VAKT bagi Anak Berkesulitan Belajar Menulis Kelas IV

Anandani, Puti Intan (2020) Meningkatkan Kemampuan Menulis melalui Metode VAKT bagi Anak Berkesulitan Belajar Menulis Kelas IV. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_02_PUTI_INDAN_ANANDANI_15003174_1119_2020.pdf

Download (103kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh permasalahan yang ditemukan di kelas IV SDN 19 Kapalo Koto, Limau Manis, Padang. Terdapat tujuh orang siswa pada satu kelas. Setelah dilakukan identifikasi, terdapat dua orang siswa yang mengalami kesulitan belajar menulis, kedua anak tersebut memiliki jenis kelamin perempuan. Setelah dilakukan asesmen, permasalahan mendasar yang dialami kedua anak tersebut adalah menulis di kertas bergaris. Dalam mengatasi kesulitan belajar tersebut, salah satu metode pembelajarannya adalah dengan menggunakan metode visual, audiotori, kinestetik, dan taktil (metode VAKT). Metode VAKT adalah metode yang memanfaatkan seluruh rangsangan indera anak dalam pembelajaran. Berangkat dari permasalahan tersebut, maka penulis tertarik untuk mengangkat sebuah penelitian yang berjudul “Meningkatkan Kemampuan Menulis melalui Metode VAKT bagi Anak Berkesulitan Belajar Menulis Kelas IV di SDN 19 Kapalo Koto, Limau Manis, Padang”. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian Single Subject Research dengan desain Multiple Baseline Cross Subject. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa metode VAKT mampu meningatkan kemampuan menulis bagi anak berkesulitan belajar menulis di kelas IV SDN 19 Kapalo Koto.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 19 Feb 2021 03:33
Last Modified: 19 Feb 2021 03:33
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/30069

Actions (login required)

View Item View Item