Meningkatkan Kemampuan Menggosok Gigi Melalui Media Audio Visual Bagi Siswa Tunagrahita Ringan

Afrianti KM, Endang (2020) Meningkatkan Kemampuan Menggosok Gigi Melalui Media Audio Visual Bagi Siswa Tunagrahita Ringan. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_02_ENDANG_AFRIANTI_KM_14003115_1242_2020.pdf

Download (101kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dimulai dari dengan adanya masalah di SLB Al-Hidayah Padang, seorang siswa tunagrahita ringan belum menguasai kemampuan menggosok gigi. Terbukti pada saat peneliti melaksanakan pengamatan dan didapati bahwa siswa masih belum memahami bagaimana langkah-langkah dan cara menggosok gigi yang benar. Penelitian tersebut memakai ssr, dengan desain A-B-A, dengan menggunakan analisis visual grafik. Subjek yang dimaksud disini yaitu siswa tunagrahita ringan. objek behavior pada penelitian ini adalah siswa bisa melakukan tatacara menggosok gigi dengan benar. Pengukuran variable menggunakan persentase dari jumlah butir instrument. Hasil penelitian membuktikan sebenarnya keterampilan siswa saat menggosok gigi meningkat. Terlihat dalam keadaan baseline (A1) yang dikerjakan 5 kali pembuktian persentase yang diperoleh siswa rata-rata masih sedikit, dalam keadaan intervensi (B) dengan dikerjakan delapan kali pembuktian persentase yang diperoleh siswa meningkat dari keadaan awal, pada keadaan baseline A2 yang dikerjakan lima kali pembuktian diperoleh persentase langkah-langkah menggosok gigi yang benar meningkat dari pada kemampuan awal. Berdasarkan data tersebut menunjukkan bahwa, media audio visual dapat meningkatkan kemampuan menggosok gigi siswa tunagrahita ringan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 18 Feb 2021 04:51
Last Modified: 18 Feb 2021 04:51
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/30067

Actions (login required)

View Item View Item