Pengembangan Permainan Ludo Kimia sebagai Media Pembelajaran pada Materi Pergeseran Kesetimbangan dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya Kelas XI SMA/MA

Fauza, Rini (2020) Pengembangan Permainan Ludo Kimia sebagai Media Pembelajaran pada Materi Pergeseran Kesetimbangan dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya Kelas XI SMA/MA. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_07_RINI_FAUZA_15035011_2655_2020.pdf

Download (490kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan permainan ludo kimia sebagai media pembelajaran pada materi pergeseran kesetimbangan dan faktor-faktor yang mempengaruhinya kelas XI SMA/MA yang kemudian ditentukan tingkat validitasnya berdasarkan fungsi media. Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dengan model 4-D (fourD-models) yaitu (1) define (pendefinisian), (2) design (perancangan), (3) develop (pengembangan), (4) disseminate (penyebaran). Penelitian ini dibatasi pada tahap develop sampai penentuan tingkat validitas. Instrumen yang digunakan untuk menentukan tingkat validitas media yang dikembangkan adalah angket validitas, teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara penyebaran angket kemudian dianalisi menggunakan formula Kappa Cohen (k). Permainan ludo kimia ini divalidasi oleh dua orang dosen kimia FMIPA UNP dan dua orang guru kimia SMAN 1 Lembah Melintang. Dari hasil analisis data diperoleh bahwa permainan ludo kimia memiliki tingkat kevalidan sangat tinggi dengan nilai kappa sebesar 0,86. Data ini menunjukkan bahwa permainan ludo kimia sebagai media pembelajaran pada materi pergeseran kesetimbangan dan faktor-faktor yang mempengaruhinya dapat dikembangkan sampai tahap validitas.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 18 Feb 2021 04:36
Last Modified: 18 Feb 2021 04:36
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/30066

Actions (login required)

View Item View Item