Pembuatan Perangkat Pembelajaran IPA Terpadu Model Cretive Problem Solving pada Materi Getaran, Gelombang, dan Bunyi IPA SMP/Mts Kelas VIII

Perrina, Rizka Okta (2020) Pembuatan Perangkat Pembelajaran IPA Terpadu Model Cretive Problem Solving pada Materi Getaran, Gelombang, dan Bunyi IPA SMP/Mts Kelas VIII. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_05_RIZKA_OKTA_PERRINA _15033079_1635_2020.pdf

Download (607kB) | Preview

Abstract

Perangkat Pembelajaran merupakan perangkat yang digunakan dalam proses pembelajaran. Perangkat pembelajaran harus dapat membantu siswa dalam membentuk kompetensi dan karakter. Berdasarkan observasi perangkat pembelajaran saat ini kurang dapat membantu siswa dalam membentuk kompetensi dan karakter dengan baik. 0 leh karena itu, dikembangkanlah perangkat pembelajaran yang dapat menunjang ketercapaian kompetensi dan karakter siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan perangkat pembelajaran IPA Terpadu berbasis model Creative Problem Solving dengan kriteria valid dan praktis. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development) mengunakan model pengembangan 4D yang direduksi menjadi 3D dengan tahap pendefinisian (define), perancangan (design), dan pengembangan (develop), karena keterbatasan waktu dan biaya. Subjek penelitian ini adalah tiga orang validator yaitu tiga do sen fisika FMIP A UNP dan dua orang guru IPA Terpadu serta 32 siswa SMPN 33 Padang. Validitas perangkat pembelajaran diperoleh melalui instrument validitas oleh tenaga ahli dan praktikalitas perangkat pembelajaran diperoleh melalui instrumen praktikalitas oleh guru dan siswa. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, telah dihasilkan produk berupa perangkat pembelajaran menggunakan model Creative Problem Solving pada materi getaran, gelombang, dan bunyi SMP/Mts kelas VIII. Produk penelitian dikategorikan valid dengan nilai rata-rata 80, 11 % . Pada penilaian praktikalitas oleh guru dikategorikan praktis dengan nilai rata-rata 81,42% dan penilaian oleh siswa praktis dengan nilai rata-rata 82, 11 %.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 18 Feb 2021 04:36
Last Modified: 18 Feb 2021 04:36
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/30065

Actions (login required)

View Item View Item