Meningkatkan Vokasional Membuat Bunga dari Kain Perca Melalui Self Regulated Learning Bagi Anak Tunarungu Kelas Vii di SLB Fan Redha Padang

Pujiati, Fitri (2020) Meningkatkan Vokasional Membuat Bunga dari Kain Perca Melalui Self Regulated Learning Bagi Anak Tunarungu Kelas Vii di SLB Fan Redha Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_02_FITRI_PUJIATI_18003182_1215_2020.pdf

Download (77kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan berdasarkan permasalahan yang ditemukan di SLB Fan Redha Padang pada kelas VII yang dilatarbelakangi anak yang kurang kreatif dalam membuat bunga pada pelajaran prakarya, selain itu proses pelaksanaan pembelajaran vokasional membuat bunga dari kain perca belum diajarkan secara optimal. Tujuan penelitian tindakan ini adalah untuk:1. mengetahui peningkatan kemampuan vokasional dalam membuat bunga dari kain perca dengan self regulated learning bagi anak kelas VII di SLB Fan Redha Padang; 2. meningkatkan keterampilan guru dalam mengembangkan dan menvariasikan metode pembelajaran. Penelitian ini menggunakan self regulated learning dengan jenis penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam bentuk kolaborasi dengan teman sejawat. Subjek penelitian yaitu anak tunarungu kelas VII. Dalam penelitian ini data yang diperoleh melalui observasi dan penilaian praktik yang kemudian dianalasis secara kualitatif dan kuantitatif. Kegiatan penelitian dilakukan sebanyak dua siklus, pada setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Kegiatan diawali dengan kegiatan perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Hasil penelitian sebelum diberi tindakan menunjukkan kemampuan awal anak tunarungu pada vokasional membuat bunga dari kain perca yaitu: pada tahapan menyediakan alat dan bahan mendapat nilai 46,67%, Pada tahapan membuat dan menggunting pola mendapat nilai 25% sementara tahapan membuat kelopak bunga mendapat nilai 0% dari tes yang diberikan, membuat bunga 25% dan merangkai bunga mendapatkan nilai 0% dari tes yang diberikan. Setelah diberi tindakan, pada akhir siklus II nilai anak meningkat pada setiap tahapan membuat bunga yaitu pada tahapan menyediakan alat dan bahan meningkat menjadi 100%, Pada tahapan membuat dan menggunting pola mendapat nilai 100%, pada tahapan membuat kelopak bunga mendapat nilai 100%, membuat bunga 100% dan merangkai bunga mendapatkan nilai 90%. Berdasarkan peningkatan nilai pada setiap siklus dapat disimpulkan bahwa penerapan self regulated learning pada pembelajaran prakarya dapat meningkatkan kemampuan membuat bunga dari kain perca pada anak tunarungu kelas VII di SLB Fan Redha Padang

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 18 Feb 2021 04:36
Last Modified: 18 Feb 2021 04:37
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/30063

Actions (login required)

View Item View Item