Meningkatkan Motorik Halus Melalui Lego Dasar Bagi Anak Tunagrahita Kelas II di SLB YPPLB Padang

Mutia, Mutia (2020) Meningkatkan Motorik Halus Melalui Lego Dasar Bagi Anak Tunagrahita Kelas II di SLB YPPLB Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_02_MUTIA_15003053_1188_2020.pdf

Download (81kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi permasalahan yang ditemukan di SLB YPPLB Padang terhadap anak Tunagrahita berusia 11 tahun. Anak mengalami kesulitan pada motorik halus seperti meremas kertas, menempel, menggunting. Oleh sebab itu, permasalahan akan dibahas dalam penelitian ini adalah apakah lego dasar dapat meningkatkan motorik halus anak tunagrahita ringan kelas II di SLB YPPLB Padang. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Single Subject Research (SSR) dengan desain A-B-A. Pengumpulan data pada kondisi baseline pertama (A1) secara kontinyu 4 kali pengamatan. Memberikan intervensi (B) dilakukan 8 kali pengamatan. Memberikan kondisi baseline (A2) selam 4 kali pengamatan. Teknik dan pengumpulan data dalam penelitian adalah dengan cara memberikan tes perbuatan dan dokumentasi. Berdasarkan hasil analisis data dalam kondisi yang menunjukkan peningkatan motorik halus secara positif. Overlape data pada analisis antar kondisi pada baseline (A1) dan intervensi (B) adalah 0 % dan overlape data pada kondisi baseline (A2) dan intervensi (B) adalah 50 %. Berdasarkan hasil analisis data tersebut menunjukkan bahwa lego dasar dapat digunakan untuk meningkatkan motorik halus pada anak tunagrahita ringan di SLB YPPLB Padang

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 18 Feb 2021 04:36
Last Modified: 18 Feb 2021 04:36
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/30062

Actions (login required)

View Item View Item