Penerapan Problem Based Learning terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Peserta Didik Kelas VIII SMPN 3 Kota Solok

Monika, Refo (2020) Penerapan Problem Based Learning terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Peserta Didik Kelas VIII SMPN 3 Kota Solok. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_01_REFO_MONIKA_16029028_1674_2020.pdf

Download (959kB) | Preview

Abstract

Komunikasi matematis merupakan aspek yang sangat berpengaruh untuk pengembangan peserta didik kedepannya. Kenyataan yang ditemui menunjukkan bahwa kemampuan komunikasi matematis peserta didik kelas VIII di SMP Negeri 3 Kota Solok masih rendah. Hal ini dilihat dengan memberikan soal berindikator kemampuan komunikasi matematis, diperoleh data bahwa peserta didik belum mampu menyelesaikan soal tersebut dengan benar. Salah satu model pembelajaran yang dapat digunakan untuk mengatasi masalah tersebut adalah Problem Based Learning. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis dan mendeskripsikan apakah kemampuan komunikasi matematis peserta didik kelas VIII SMP Negeri 3 Kota Solok yang belajar menggunakan model Problem Based Learning lebih baik dari peserta didik yang belajar menggunakan pembelajaran konvensional. Serta mendeskripsikan perkembangan kemampuan komunikasi matematis peserta didik yang belajar dengan Problem Based Learning. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian quasy-experiment dengan menggunakan rancangan penelitian The Noneequivalent Posttest-Only Control Group. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII SMP Negeri 3 Kota Solok Tahun Pelajaran 2019/2020. Sampel yang digunakan ditentukan dengan memanfaatkan teknik Simple Random Sampling. Kelas yang terpilih sebagai kelas eksperimen adalah kelas VIII-2 dan kelas kontrol adalah kelas VIII-1. Instrumen yang digunakan merupakan tes tertulis yang terdiri dari tujuh soal berbentuk soal uraian. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan uji Mann-Whitney. Hasil analisis data menunjukkan bahwa kemampuan komunikasi matematis peserta didik yang belajar dengan model Problem Based Learning lebih baik dari kemampuan komunikasi matematis peserta didik yang belajar dengan pembelajaran konvensional di kelas VIII SMP Negeri 3 Kota Solok, sehingga terdapat pengaruh penerapan model Problem Based Learning terhadap kemampuan komunikasi matematis peserta didik. Perkembangan kemampuan peserta didik digambarkan dengan indikator menyajikan pemyataan matematika secara tertulis, gambar dan diagram. Pada awalnya ditemukan peserta didik belum mampu untuk menyajikan pemyataan secara tertulis. Peserta didik belum mampu menyajikan pemayataan yang diberikan ke dalam model matematika. Kondisi ini juga diperkuat oleh hasil kuis. Kemudian pada pertemuan kedua peserta didik mulai mampu menyajikan pemyataan matematika secara tulisan, namun jawaban yang diberikan peserta didik masih belum sempuma karena redaksi yang diberikan pada jawaban masih belum lengkap. Meskipun pada awalnya kemampuan peserta didik dalam menyajikan pemyataan matematika secara tertulis kurang baik, namun pada tes akhir peserta didik mampu menyelesaikan soal indikator ini dengan baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 17 Feb 2021 03:28
Last Modified: 17 Feb 2021 03:28
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/30035

Actions (login required)

View Item View Item