Pengembangan Buku Ajar pada Matakuliah RL Progran Studi Teknik Elektro Industri

Latif, Muhammad Rais (2020) Pengembangan Buku Ajar pada Matakuliah RL Progran Studi Teknik Elektro Industri. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
3_A_MUHAMMAD_RAIS_LATIF_15063033_2678_2020.pdf

Download (787kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengembangkan buku ajar RL berdasarkan konsep Self Direct Learning (SDL) atau disebut juga dengan autodidak, dimana pengembangan buku ajar ini dalam rangka membantu mahasiswa mengatasi kesulitan mempelajari matakuliah RL. Hal ini didasarkan pada data observasi pada prodi teknik elektro industri D-IV, FT-UNP, dimana terdapat 25 mahasiswa dari 43 mahasiswa mengalami kesulitan mempelajari RL, selain itu dari 43 mahasiswa terdapat 30 mahasiswa merasa kesulitan untuk menyelesaikan soal yang berkaitan dengan matakuliah RL. Berdasarkan data observasi jelas banyak mahasiswa mengalami kesulitan dalam menjalani perkuliahan RL, yang mana ini mengakibatkan banyak mahasiswa mendapatkan nilai yang tidak bagus dan juga akan memiliki efek jangka panjang, yakni mahasiswa akan mengalami kesulitan dalam menjalani perkuliahan lainnya, seperti matakuliah mesin listrik, pengaturan otomatis, pembangkit listrik, sistem kelistrikan, dll., hal ini dikarenakan matakuliah RL merupakan pengetahuan dasar yang hams dikuasai mahasiswa untuk dapat menguasai matakuliah lainnya. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini ialah Research and Development (R&D) dengan lima tahap pengembangan, yakni: pontensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi produk dan revisi produk. Produk yang dihasilkan berupa buku ajar terdiri dari dua bah, yakni bah I mengenai hukum-hukum dasar RL dan bah II mengenai metoda analisis RL bagian I. Hasil validasi ahli media o leh validator 1 terhadap bah I dan bah II buku ajar yang dikembangkan diperoleh presentase sebesar 98% pada kategori sangat valid, untuk validator 2 terhadap bah I dan bah II buku ajar yang dikembangkan diperoleh presentase sebesar 96% dengan kategori sangat valid sedangkan untuk validator 2 terhadap bah I dan bah II buku ajar yang dikembangkan diperoleh presentase sebesar 95,6% dengan kategori sangat valid. Untuk hasil validasi ahli materi buku ajar yang dikembangkan bah I dan II diperoleh presentase sebesar 91.5% pada kategori sangat valid. Dengan demikian buku ajar yang dikembangkan telah dinyatakan valid dan layak digunakan sebagai sumber pembelajaran pada matakuliah RL.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro - S1
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 16 Feb 2021 06:45
Last Modified: 16 Feb 2021 06:45
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/30007

Actions (login required)

View Item View Item