Pembuatan Buku Teks Pelajaran Mengintegrasikan CTL dan Literasi Lingkungan pada Materi Gelombang Mekanik dan Persamaan Gelombang untuk Siswa SMA Kelas XI

Srikandi, Neneng (2020) Pembuatan Buku Teks Pelajaran Mengintegrasikan CTL dan Literasi Lingkungan pada Materi Gelombang Mekanik dan Persamaan Gelombang untuk Siswa SMA Kelas XI. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_05_NENENG_SRIKANDI_16033021_2239_2020.pdf

Download (693kB) | Preview

Abstract

Perubahan kurikulum pada semua tingkat pendidikan formal di Indonesia menuntut penyesuaian berbagai komponen pendukung pembelajaran. Salah satu komponen yang hams disesuaikan adalah buku teks pelajaran sebagai salah satu sumber belajar. Kurikulum 2013 dirancang untuk memenuhi kebutuhan abad ke-21 yang menerapkan pendekatan pembelajaran yang berpusat pada siswa. Pembelajaran fisika pada SMAN 7 Padang belum berpusat pada siswa. Untuk menciptakan pembelajaran yang berpusat pada siswa dibutuhkan sumber belajar yang bersifat kontekstual dan dan bermuatanliterasi lingkungan.Kondisi nyata menunjukan penerapan CTL dan literasi lingkungan di sekolah ini masih tergolong rendah. Penelitianbertujuan untuk mengembangkan Buku Teks Pelajaran Mengintegrasikan CTL dan Literasi Lingkungan Pada Materi Gelombang Mekanik dan Persamaan Gelombang Untuk Siswa SMA Kelas XI yang dinilai valid oleh ahli dan dinilai praktis oleh praktisi. Tujuan dicapai dengan menerapkan jenis penelitian Research and Development (R&D)menurut Sugiyono. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu instrumen validitas terdiri dari 6 komponen dan 57 butir. Instrumen praktikalitas terdiri dari 4 komponen dan 37 butir. Validasi dilakukan oleh tiga orang dosen Jurusan Fisika, praktikalitas oleh dua orang guru dan siswa di SMAN 7 Padang. Hasil pengukuran validitas oleh dosen rata-rata nilai 91,68 dengan kategori baik sekali. Hasil analisis praktikalitas guru dan siswa didapatkan nilai rata-rata 88,21 dan 92,31 kategori baik sekali. Dapat disimpulkan bahwa buku teks pelajaran mengintegrasikan CTL dan literasi lingkungan pada materi gelombang mekanik dan persamaan gelombangvalid dan praktis untuk siswa SMA kelas XI. Sehingga buku teks pelajaran layak digunakan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 16 Feb 2021 06:45
Last Modified: 16 Feb 2021 06:45
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/30002

Actions (login required)

View Item View Item