Analisis Aktivitas Belajar yang Berkontribusi Tinggi terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar

Lova, Fristi Marta (2021) Analisis Aktivitas Belajar yang Berkontribusi Tinggi terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_06_FRISTI_MARTA_LOVA_16129320_4325_2021.pdf

Download (94kB) | Preview

Abstract

Aktivitas belajar siswa memainkan peran penting dalam ketercapaian tujuan pembelajaran seiring dengan adanya perubahan dalam proses pembelajaran di pengaruhi oleh peran seorang guru (Teacher Centered Learning) yang di arahkan kepada siswa (Student Centered Learning). Pada tingkatan sekolah dasar, sehingga dalam Kurikulum 2013 menekankan pada pembelajaran tematik integratif, yang menuntut keterlibatan aktif siswa dalam pembelajaran. Artikel ini mencoba untuk menganalisis kontribusi aktivitas belajar yang berhubungan dengan hasil belajar siswa di sekolah dasar. Pada riset ini telah dilakukan dengan metode studi kepustakaan. Temuan dari penelitian ini, yaitu: 1) Perlunya mempertimbangkan karakteristik siswa sekolah dasar, seperti pembagian kelas mulai dari kelas bawah dan juga kelas atas, sehingga maupun terdapatnya karakteristik perilaku belajar dalam upaya menjelaskan kaitan antara aktivitas belajar dan hasil belajar siswa yang ada di sekolah dasar; 2) Dari penelusuran kepustakaan yang peneliti lakukan, peneliti menemukan sepuluh penelitian yang mengkaji tentang korelasi antara aktivitas belajar dengan hasil belajar siswa yang ada di sekolah dasar. Sepuluh penelitian tersebut memiliki temuan korelasi yang positif, dengan enam penelitian memiliki koefisien korelasi pada kategori sangat kuat, dan tiga penelitian memiliki koefisien korelasi pada kategori kuat; 3) Dalam upaya meningkatkan aktivitas belajar siswa sekolah dasar merujuk pada enam belas penelitian terdahulu dapat dilakukan dengan menerapkan beberapa pendekatan atau metode pembalajaran, seperti metode bermain peran, metode problem based learning (PBL), metode inkuiri, metode eksperimen, pembelajaran tematik, metode demonstrasi, metode diskusi, metode Think Pair Share, metode Word Square, metode kerja kelompok, dan metode Make a Match

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 16 Feb 2021 06:44
Last Modified: 16 Feb 2021 06:44
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/29998

Actions (login required)

View Item View Item