Peningkatan proses pembelajaran tematik terpadu dengan menggunakan model Problem Based Learning di kelas V SDN 05 Paninggahan Kabupaten solok

Sari, Rani Puspita (2021) Peningkatan proses pembelajaran tematik terpadu dengan menggunakan model Problem Based Learning di kelas V SDN 05 Paninggahan Kabupaten solok. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_06_RANI_PUSPITA_SARI_16129148_4274_2021.pdf

Download (84kB) | Preview

Abstract

Proses pembelajaran merupakan proses dalam pendidikan yang memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk memperbaiki dan mengarahkan kemampuan yang dimiliki peserta didik dalam hal sikap, pengetahuan, dan keterampilan. Proses pembelajaran yang ideal adalah proses yang di dalamnya terdapat kegiatan interaksi antara siswa dengan guru dan komunikasi timbal balik yang berlangsung dalam situasi edukatif. Yang menghadapkan peserta didik pada masalah nyata dalam kehidupan dan mampu menemukan solusi pada masalah tersebut. Kenyataan yang ditemukan dilapangan peserta didik tidak di hadapkan pada masalah nyata dalam kehidupan sehingga peserta didik tidak mampu berfikir secara kritis. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan pendekatan kualitatif dan kuantitatif yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas V dengan jumlah 14 orang. Hasil penelitian menunjukan peningkatan proses pembelajaran tematik terpadu dengan siklus I dan siklus II. Hasil pengmatan (RPP) pada siklus I rata- rata 86,11% dengan kualifikasi Sangat Baik meningkatmenjadi 97,22% pada siklus II dengan kualifikasi sangat baik. Pada hasil pengamatan pelaksanaan pembelajaran, nilai rata-rata untuk aspek guru pada siklus I adalah 89,28% dengan kualifikasi sangat baik meningkat menjadi 96,49% pada siklus II dengan kualifikasi sangat baik. Pada hasil pengamatan aspek siswa pada siklus I, nilai rata-rata 89,28% dengan kualifikasi sangat baik meningkat menjadi 96,49% pada siklus II. Dengan ini dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan proses pembelajaran tematik terpadu pada tema 2 di kelas V SDN 05 Paninggahan kabupaten Solok

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 16 Feb 2021 06:44
Last Modified: 16 Feb 2021 06:44
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/29995

Actions (login required)

View Item View Item