Sulfonasi Karbon Kulit Ubi Kayu (Manihot Esculenta) sebagai Katalis dalam Esterifikasi PFAD (Palm Fatty Acid Distillate)

Yura, Naka (2020) Sulfonasi Karbon Kulit Ubi Kayu (Manihot Esculenta) sebagai Katalis dalam Esterifikasi PFAD (Palm Fatty Acid Distillate). Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_08_NAKA_YURA_16036045_1618_2020.pdf

Download (458kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mensintesis katalis asam padat berbasis karbon kulit ubi kayu tersulfonasi, mengkarakterisasi sifat fisikokimia katalis, menguji aktivitas katalitik katalis dalam produksi biodiesel dan menentukan densitas, bilangan asam serta persen konversi yang dihasilkan dari PFAD, methanol dan katalis. Katalis disintesis melalui proses kalsinasi dengan variasi waktu kalsinasi 2 jam, 3 jam, 4 jam dan 5 jam. Kemudian dilanjutkan dengan proses sulfonasi menggunakan H2S04. Karaterisasi katalis karbon kulit ubi kayu tersulfonasi menggunakan FTIR. Berdasarkan penelitian yang dilakukan, hanya biodiesel dengan variasi waktu kalsinasi 3 jam yang baru selesai dikerjakan. Sifat fisikokimia dari katalis dengan varias waktu kalsinasi 3 jam yang dikarakterisasi menggunakan FTIR mempunyai pita serapan kuat pada bilangan gelombang 1117 cm-1 dan 1013 cm-1 menunjukan adanya vibrasi simetris dan asimetris dari gugus O-S-0. Hasil uji biodiesel dengan adanya katalis menunjukan terjadinya penurunan densitas dan bilangan asam yang diakibatkan oleh adanya reaksi asam lemak be bas dan methanol. Persen konversi FF A yang di peroleh untuk biodiesel dengan variasi waktu kalsinasi 3 jam yaitu 44,7901 %.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 15 Feb 2021 06:52
Last Modified: 15 Feb 2021 06:52
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/29983

Actions (login required)

View Item View Item