Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Discovery Learning di Kelas IV SDN 11 Koto Marapak Kota Pariaman

Annisa, Wahyu (2021) Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Discovery Learning di Kelas IV SDN 11 Koto Marapak Kota Pariaman. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_06_WAHYU_ANNISA_16129424_4323_2021.pdf

Download (87kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini di latarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik terpadu, karena guru belum mampu melaksanakan pembelajaran dengan optimal, sehingga berakibat kepada hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penggunaan model discovery learning untuk meningkatkan hasil belajar tematik terpadu di kelas IV SDN 11 Koto Marapak Kota Pariaman. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 11 Koto Marapak Kota Pariaman dengan jumlah siswa 12 orang, peneliti sebagai praktisi dan guru kelas sebagai observer. Penelitian ini di laksanakan sebanyak II siklus, yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahawa dalam a) rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) siklus I dengan memperoleh rata-rata 79.16% dengan kualifikasi cukup (C), aspek guru memperoleh rata-rata 78.12% dengan kualifikasi cukup (C), aspek siswa memperoleh rata-rata 73.43% dengan kualifikasi cukup (C) hasil belajar siklus I memperoleh rata-rata 74.61% dengan kualifikasi cukup (C), b) rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) siklus II memperoleh rata-rata 94.44% dengan kualifikasi sangat baik (SB), aspek guru memperoleh rata-rata 93.75% dengan kualifikasi sangat baik (SB), aspek siswa memperoleh rata-rata 90.62% dengan kualifikasi sangat baik (SB), ) hasil belajar siklus II memperoleh rata-rata 90.45% dengan kualifikasi sangat baik (SB). Dengan demikian dapat di simpulkan bahwa penggunaan model discovery learning dapat meningkatkan Hasil Belajar Tematik Terpadu Di Kelas IV SDN 11 Koto Marapak Kota Pariaman

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 15 Feb 2021 06:52
Last Modified: 15 Feb 2021 06:52
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/29980

Actions (login required)

View Item View Item