Rahmatia, Fauza (2020) Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Pembelajaran Tematik Terpadu Kelas V SD Negeri 12 Gugus Gunung Tuleh. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
|
Text
A_06_FAUZA_RAHMATIA_16129314_4278_2020.pdf Download (103kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Problem Based Learnng (PBL) terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Pembelajaran Tematik Terpadu Kelas V SD Negeri 12 Gunung Tuleh tahun ajaran 2020/2021. Jenis Penelitian ini adalah eksperimen berbentuk Quasi Eksperimental Design jenis Nonequivalent Control Group Design. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling. Penelitian dilakukan di kelas V SD Negeri 12 Gunung Tuleh, Kelas VB sebagai kelompok eksperimen dan kelas VA sebagai kelompok ontrol yang masing-masing berjumlah 28 siswa. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji prasyarat berupa uji normalitas dan homogenitas serta uji ipotesis menggunakan uji-t (t-test). Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan dalam penggunaan model pembelajaran PBL terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada pembelajaran tematik terpadu kelas V SD Negeri 12 Gunung Tuleh. Hal ini dibuktikan dari hasil uji-t (t-test) dengan taraf signifikansi 5% diperoleh t hitung = 2,01> tabel = 2,00488. Kemampuan berpikir kritis siswa yang diperoleh kelompok eksperimen lebih tinggi dari pada kelompok kontrol, ditunjukkan dari mean kelompok kontrol= 57,07 dan mean yang diperoleh kelompok eksperimen = 64,14
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1 |
Depositing User: | Fitri Yelli |
Date Deposited: | 15 Feb 2021 02:45 |
Last Modified: | 15 Feb 2021 02:45 |
URI: | http://repository.unp.ac.id/id/eprint/29973 |
Actions (login required)
View Item |