Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation terhadap Pemahaman Konsep Peserta Didik Kelas VII SMP Pembangunan Laboratorium UNP

Iqbal, Muhammad (2020) Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation terhadap Pemahaman Konsep Peserta Didik Kelas VII SMP Pembangunan Laboratorium UNP. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_01_MUHAMMAD_IQBAL_16029067_1610_2020.pdf

Download (672kB) | Preview

Abstract

Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan di SMP Pembangunan Laboratorium UNP, ditemukan bahwa kemampuan pemahaman konsep peserta didik masih rendah. Salah satu solusi yang dapat digunakan untuk memecahkan masalah ini adalah dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan kemampuan matematis peserta didik yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation dengan peserta didik yang menggunakan model pembelajaran konvensional dan untuk mendeskripsikan perkembangan kemampuan pemahaman konsep peserta didik yang menggunakan model kooperatif tipe Group Investigation dalam proses pembelajarannya di kelas VII SMP Pembangunan Laboratorium UNP. J enis penelitian yang digunakan yaitu penelitian quasy-eksperimen dengan rancangan penelitian menggunakan Posttest-Only Control Group Design. Populasi pada penelitian ini adalah peserta didik kelas VII SMP Pembangunan Laboratorium UNP Tahun Pelajaran 2019/2020. Sampel diambil dengan teknik Purposive Sampling, sehingga terpilih kelas VII A sebagai kelas eksperimen dan VII D sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan yaitu berupa soal tes kemampuan pemahaman konsep berbentuk soal essay. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan Uji Normalitas, Uji Homogenitas dan Uji hipotesis. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang berarti antara peserta didik yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation dengan yang tidak menggunakannya. Nilai rata-rata kemampuan pemahaman konsep kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol. Hal ini berarti, model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation memberikan pengaruh yang signifikan pada pemahaman konsep peserta didik kelas VII SMP Pembangunan Laboratorium UNP.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 11 Feb 2021 07:02
Last Modified: 11 Feb 2021 07:02
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/29964

Actions (login required)

View Item View Item