Implementasi Model Pembelajaran Project Based Learning Untuk Meningkatkan Kompetensi Keahlian Teknik Gambar Manufaktur Sistem CAD

Gustianto, Faisal (2020) Implementasi Model Pembelajaran Project Based Learning Untuk Meningkatkan Kompetensi Keahlian Teknik Gambar Manufaktur Sistem CAD. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
7_A_FAISAL_GUSTIANTO_16067079_1708_2020.pdf

Download (429kB) | Preview

Abstract

Keberhasilan suatu pembelajaran dapat dilihat dari perolehan peningkatan kompetensi keahlian siswa dalam belajar. Perolehan nilai pada mata pelajaran Teknik Gambar Manufaktur siswa kelas XI TPM SMK Negeri 2 Solok semester genap tahun pelajaran 2020/2021 menunjukkan belum tercapainya keberhasilan pembelajaran tersebut. Hal ini karena pembelajaran masih didominasi oleh guru dan masih menerapkan model pembelajaran konvensional dengan metode ceramah, sehingga membatasi keahlian siswa dalam belajar Auto-CAD. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan kompetensi keahlian Teknik Gambar Manufaktur melalui penerapan model project based learning (PjBL) di SMK Negeri 2 Solok. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research), dimana peneliti bertindak sebagai guru yang melakukan tindakan. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Maret-April 2020. Penelitian ini terdiri dari tiga siklus yang masing-masing siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Berdasarkan hasil pengamatan, rata-rata peningkatan keahlian siswa pada siklus I adalah 53.86% dan pada siklus II 83.73% dan siklus III 90.70%. Dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran project based learning dapat meningkatkan kompetensi keahlian siswa pada mata pelajaran Teknik Gambar Manufaktur di kelas XI TPM SMK Negeri 2 Solok.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin - S1
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 11 Feb 2021 06:59
Last Modified: 11 Feb 2021 06:59
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/29949

Actions (login required)

View Item View Item