Tingkat Kepatuhan Pelaporan SPT Tahunan Wajib Pajak UMKM pada Kantor Pelayanan Penyuluhan dan Konsultasi Perpajakan (KP2KP) Padang Panjang.

Irentasia, Ledy Diana (2021) Tingkat Kepatuhan Pelaporan SPT Tahunan Wajib Pajak UMKM pada Kantor Pelayanan Penyuluhan dan Konsultasi Perpajakan (KP2KP) Padang Panjang. Diploma thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_7_LEDY_DIANA_17233051_3035_2021.pdf

Download (571kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kepatuhan pelaporan SPT tahunan wajib pajak UMKM pada KP2KP Padang Panjang. Penelitian dilakukan pada Kantor Pelayanan Penyuluhan dan Konsultasi Perpajakan Padang Panjang yang beralamat di Jl. Anas Karim No.38 Kecamatan Padang Panjang Barat, Kata Padang Panjang, Sumatera Barat. Bentuk penelitian dalam tugas akhir ini adalah penelitian deskriptif, yaitu mendapatkan gambaran dan keterangan-keterangan mengenai tingkat kepatuhan pelaporan SPT Tahunan wajib pajak UMKM pada KP2KP Padang Panjang berdasarkan data-data yang sudah ada dan lebih cendrung menggunakan kata-kata daripada angka. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah studi pustaka dan wawancara dan teknis analisis data adalah teknik analisis deskriptifkualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) tingkat kepatuhan pelaporan SPT Tahunan UMKM dari segi kepatuhan formal sebagian sudah patuh namun untuk wajib pajak potensial belum patuh karena belum berinisiatif untuk melaporkan diri menjadi wajib pajak sedangkan dari segi kepatuhan material sudah patuh dan harus diimbangai dengan kecapakan fiskus dari KP2KP Padang Panjang. 2) Faktor penyebab kepatuhan yaitu, faktor kecakapan dalam menggunakan teknologi, faktor kesadaran wajib pajak dan faktor pengetahuan tentang perpajakan. 3) Upaya untuk meningkatkan kepatuhan pajak adalah, penyuluhan, sosialisasi, edukasi, SMS blast, canvassing,dan kerjasama dengan pemda.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > HG Finance
K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Ekonomi > Manajemen - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 11 Feb 2021 06:59
Last Modified: 11 Feb 2021 06:59
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/29941

Actions (login required)

View Item View Item