Pengembangan Modul Fisika Mengintegrasikan Pembelajaran Kontekstual dan Literasi Lingkungan Materi Gelombang Mekanik untuk Siswa SMA Kelas XI

Khairunnisa, Khairunnisa (2020) Pengembangan Modul Fisika Mengintegrasikan Pembelajaran Kontekstual dan Literasi Lingkungan Materi Gelombang Mekanik untuk Siswa SMA Kelas XI. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_05_KHAIRUNNISA _16033102_1637_2020.pdf

Download (846kB) | Preview

Abstract

Pembelajaran abad ke-21 menuntut berbagai keterampilan yang harus dikuasai siswa, Abad ke-21 ini menuntut siswa mempunyai keterampilan 4C yaitu : critical thingking, creative, collaborative dan communicative. Selain itu Abad ke-21 menuntut siswa mempunyai kemampuan untuk menjelaskan fenomena dalam kehidupan sehari-hari. Tujuan penelitian ini adalah untuk menentukan validitas, kepraktisan dan efektivitas penggunaan terhadap modul fisika mengintegrasikan pembelajaran kontekstual dan literasi lingkungan. Jenis penelitian yang dilakukan termasuk jenis Research and Development (R&D). Objek penelitian dari penelitian ini adalah modul fisika mengintegrasikan pembelajaran kontekstual dan literasi lingkungan yang di uji coba terbatas kepada salah satu kelas XI SMAN 7 Padang. Sumber data dari penelitian ini adalah tenaga ahli yang meliputi dosen Fisika FMIPA UNP sebagai validator, guru fisika di SMAN 7 Padang praktisi, dengan siswa kelas XI MIA 3 sebagai pengguna modul fisika. Instrumen pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian adalah: lembar validitas, lembar uji kepraktisan, lembar uji efektivitas berupa lembar tes hasil belajar, lembar observasi sikap siswa, dan lembar penilaian keterampilan siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif terhadap validitas produk dan kepraktisan produk serta efektivitas produk menggunakan uji t berkorelasi untuk komponen sikap, pengetahuan dan keterampilan. Berdasarkan analisis data dari penelitian yang telah dilakukan dapat dikemukakan tiga hasil penelitian. Pertama, validasi modul fisika mengintegrasikan pembelajaran kontekstual dan literasi lingkungan dengan nilai rata-rata 85,12 yang berada pada kategori baik sekali. Kedua, kepraktisan modul fisika mengintegrasikan pembclajaran kontekstual dan literasi lingkungan dengan rata-rata nilai menurut guru dan siswa adalah 91,33 dan 93,73 yang berada pada tingkat kepraktisan baik sekali. Ketiga, penggunaanmodul fisika mengintcgrasikan pembelajaran kontekstual dan literasi lingkungan adalah efektif untuk meningkatkan kompetensi sikap, pengetahuan, dan keterampilan siswa. Jadi, kesimpulan penelitian, yaitu modul fisika mengintegrasikan pembelajaran kontekstual dan literasi lingkungan adalah valid, praktis, dan efektif digunakan dalam pembelajaran fisika.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 11 Feb 2021 06:58
Last Modified: 11 Feb 2021 06:58
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/29935

Actions (login required)

View Item View Item