Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Geometri Berdasarkan Tahapan Kastolan di Kelas VIII SMP Negeri 7 Sijunjung

Jufri, Jufri (2020) Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Geometri Berdasarkan Tahapan Kastolan di Kelas VIII SMP Negeri 7 Sijunjung. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_01_JUFRI_14029033_1640_2020.pdf

Download (744kB) | Preview

Abstract

Analisis kesalahan siswa merupakan suatu hal yang penting dilakukan guna mengetahui penguasaan materi mereka. Pada kenyataannya, ditemukan fakta bahwa terdapat kesalahan yang dilakukan siswa kelas VIII SMP N 7 Sijungng dalam menyelesaikan soal matematika materi kubus dan balok. Kesalahan yang dilakukan siswa perlu diidentifikasi untuk meningkatkan mutu pembelajaran. Berdasarkan informasi tersebut dilakukan penelitian untuk menganalisis kesalahan yang dilakukan siswa kelas VIII SMP N 7 Sijunjung dengan tujuan untuk mengetahui letak kesalahan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal matematika pada materi kubus dan balok. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian deskriptif Kelas subjek penelitian adalah siswa kelas VIII-3 SMP N 7 Sijunjung. Terdapat 29 siswa yang mengikuti tes. Data dalam penelitian ini adalah data hasil tes. Data dianalisis berdasarkan teknik analisis kualitatif, reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa banyak melakukan kesalahan meliputi: 1) kesalahan konseptual, yaitu siswa tidak dapat memilih maupun menerapkan rumus volume kubus dan balok, siswa salah dalam menentukan rumus luas permukaan balok dan siswa tidak menuliskan rumus luas permukaan dinding berbentuk balok, 2) kesalahan prosedural, yaitu siswa salah dalam menentukan langkah dalam menyelesaikan soal dan siswa tidak menyelesaikan soal sampai pada hasil akhir, 3) kesalahan teknik, yaitu siswa melakukan kesalahan dalam menentukan nilai dari operasi hitung dan salah dalm penggunaan operasi hitung. Berdasarkan hasil analisis, kesalahan yang dilakukan siswa kelas VIII-3 SMP Negeri 7 Sijunjung dalam meneyelesaikan soal geometri materi kubus dan balok dengan kesalahan terbanyak yaitu kesalahan prosedural sebesar 51.43%, kemudian kesalahan konseptual sebesar 45.71 %, dan kesalahan teknik sebesar 2.86%. Siswa melakukan kesalahan karena merasa kesulitan dan kurang mengerti dalam melakukan langkah penyelesaian soal, siswa tidak mengulang pembelajaran dirumah, siswa ceroboh dalam mengerjakan soal dan siswa tidak memeriksa kembali jawaban yang telah dikerjakan siswa sebelum dikumpulkan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 11 Feb 2021 06:58
Last Modified: 11 Feb 2021 06:58
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/29933

Actions (login required)

View Item View Item