Rancang Ban gun Sistem Pendukung Keputusan (SPK) Pada Aplikasi E-ORA (Electronic-Orang Tua Asuh) Dalam Upaya Mengurangi Behan Pembiayaan Study Dengan Menggunakan Metode AHP (Analytical Hierarchy Process)

Pahtoni, Tri Yuli (2020) Rancang Ban gun Sistem Pendukung Keputusan (SPK) Pada Aplikasi E-ORA (Electronic-Orang Tua Asuh) Dalam Upaya Mengurangi Behan Pembiayaan Study Dengan Menggunakan Metode AHP (Analytical Hierarchy Process). Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
5_A_TRI_YULI_PAHTONI_16076101_4162_2020.pdf

Download (680kB) | Preview

Abstract

Mahasiswa yang menjalani pendidikan di perguruan tinggi berasal dari beragam status sosial ekonomi. Sebagian berasal dari latar belakang sosial ekonomi lemah. Mahasiswa yang berlatar belakang ekonomi lemah berkemungkinan akan mengalami kendala dalam pemenuhan kebutuhan studinya. Partisipasi masyarakat dalam upaya pengembangan pendidikan perlu ditumbuhkan dalam bentuk dukungan moril dan materil sesuai dengan kemampuan masyarakat. Orang tua peserta didik maupun masyarakat baik secara perorangan maupun kolektif diberi ruang untuk mendukung dana yang dibutuhkan oleh peserta didik mapun lembaga penyelenggara pendidikan, yang dapat dipertanggungjawabkan demi tercapainya keberhasilan dan kemajuan pendidikan. Tugas Akhir ini bertujuan menghasilkan aplikasi sistem informasi yang berfungsi sebagai wadah penghubung mahasiswa yang mengalami kondisi sosial ekonomi lemah dengan para donatur (orang tua asuh) yang berkeinginan untuk memberikan bantuan baik secara moril maupun materil. Aplikasi electronic -Orang Tua Asuh (e-ORA). Pertimbangan dan kebijakan dalam proses seleksi penyaluran bantuan didasarkan pada penilaian persyaratan kelengkapan berkas. Banyaknya faktor dan kriteria penentu kebijakan dapat memperlambat kinerja para pengambil keputusan. Hal ini membuat proses pengambilan keputusan menjadi sangat kompleks, perlu penggunaan sistem khusus seperti sistem pendukung keputusan dalam membantu mengatasi situasi ini. Dengan penerapan sistem pendukung keputusan menggunakan metode analytical hierarchy process pada aplikasi electronic-Orang Tua Asuh, prioritas rekomendasi mahasiswa diurutkan dengan model perangkingan, mengacu dari kelengkapakan berkas yang di upload mahasiswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektronika - S1
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 10 Feb 2021 02:53
Last Modified: 10 Feb 2021 02:53
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/29925

Actions (login required)

View Item View Item