Penegmbangan Aplikasi Berbasis Android Sebagai Media Pembelajaran Alternatif pada Mata Pelajaran Teknik Pemesinan Frais Kompetensi Dasar Pembuatan Roda Gigi Lurus di SMK Negeri 2 Solok

Arijal, Dzaky Dzulqa (2020) Penegmbangan Aplikasi Berbasis Android Sebagai Media Pembelajaran Alternatif pada Mata Pelajaran Teknik Pemesinan Frais Kompetensi Dasar Pembuatan Roda Gigi Lurus di SMK Negeri 2 Solok. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
7_A_DZAKY_DZULQA_ARIJAL_16067075_3453_2020.pdf

Download (608kB) | Preview

Abstract

Salah satu alat yang dapat di gunakan dalam proses penyampaian materi yaitu dengan menggunakan media pembelajaran. Pengembangan media pembelajaran yang terbilang kurang membuat siswa sangat malas saat proses pembelajaran dan tidak memperhatikan guru saat belajar. Aplikasi berbasis multimedia merupakan wujud dari penggunaan alat tersebut. Smartphone android dapat memberikan manfaat jika dimanfaatkan untuk proses pembelajaran. Maka dari itu perlu adanya pengembangan media dalam proses pembelajaran di sekolah guna meningkatkan kompetensi siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan aplikasi sebagai media pembelajaran pada pelajaran teknik frais kompetensi dasar pembuatan roda gigi lurus. Penelitian ini menggunakan metode Rnd (research and development) yang mengadopsi model air terjun (waterfall) dengan beberapa tahap yang pertama di analisis kedua proses pengembangan yang ketiga tahap uji coba aplikasi dan yang ke empat yaitu perbaikan. Hasil Penelitian menunjukan bahwa aplikasi android pemesinn frais yang di buat untuk pembelajaran pembuatan roda gigi lurus mendapatkan penilaian sangat layak dari beberapa validasi diantaranya ahli materi dan ahli media. Berdasarkan pendapat guru media aplikasi pemesinan frais masuk kedalam kategori sangat layak. Kesimpulan dari riset ini bahwa aplikasi pemesinan frais ini layak di gunakan di SMK Negeri 2 Solok sebagai bahan tambahan yang dapat digunakan untuk belajar mengajar. Aplikasi ini juga dapat digunakan sebagai bahan belajar di rumah bagi siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin - S1
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 10 Feb 2021 02:25
Last Modified: 10 Feb 2021 02:25
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/29916

Actions (login required)

View Item View Item