Penerapan Material Requirement Planning pada Pengendalian Persediaan Bahan Baku dalam Rangka Meminimasi Biaya Persediaan (Studi pada CV. Atilyo Andalas Prima)

Martini, Miati Teta (2019) Penerapan Material Requirement Planning pada Pengendalian Persediaan Bahan Baku dalam Rangka Meminimasi Biaya Persediaan (Studi pada CV. Atilyo Andalas Prima). Skripsi thesis, Fakultas Ekonomi.

[img]
Preview
Text
A_07_MIATI_TETA_MARTINI_4416_15059014_2019.pdf

Download (341kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghitung peramalan permintaan dan menyusun jumlah kebutuhan material dengan metode Material Requirement Planning pada CV. Atilyo Andalas Prima dan menghitung biaya persediaan terendah dengan berbagai teknik lot sizing. Penelitian ini termasuk penelitian deskriptif (descriptive). Data primer dikumpulkan melalui observasi, wawancara dan tinjauan pustaka. Data permintaan dari dua tahun terakhir digunakan untuk meramalkan permintaan dengan menerapkan metode dekomposisi, seasonal variation, dan multiple regression. Selanjutnya data peramalan permintaan akan digunakan untuk merancang kebutuhan material dengan MRP. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa metode peramalan multiple regression adalah metode terbaik untuk digunakan dalam meramalkan permintaan tahun 2019. Metode lot sizing yang digunakan untuk menghitung biaya persediaan terendah adalah lot for lot, economic order quantity, dan part periode balance. Metode lot sizing yang dipilih yaitu metode Part Perid Balance (PPB) dengan total biaya sebesar RP 29.688.535,64.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Fakultas Ekonomi > Manajemen - S1
Depositing User: Mrs Risna Juita
Date Deposited: 09 Feb 2021 03:09
Last Modified: 09 Feb 2021 03:09
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/29883

Actions (login required)

View Item View Item