Pengaruh Suhu dan Konsentrasi Monomer pada Polimerisasi Asam Tanat sebagai Zat Warna Terhadap Efisiensi Dye Sensitized Solar Cell (DSSC)

Agustini, Dwi (2020) Pengaruh Suhu dan Konsentrasi Monomer pada Polimerisasi Asam Tanat sebagai Zat Warna Terhadap Efisiensi Dye Sensitized Solar Cell (DSSC). Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_08_DWI_AGUSTINI_16036057_1603_2020.pdf

Download (609kB) | Preview

Abstract

Dye Sensitized Solar Cell (DSSC) merupakan sel surya dengan zat wama sebagai penyerap foton dari cahaya matahari. Penelitian terkait DSSC masih terns berlanjut guna mencari komponen DSSC yang menghasilkan efisiensi yang tinggi, namun mudah dan murah diproduksi. Efisiensi DSSC salah satunya dipengaruhi oleh banyaknya ikatan n-n* pada zat wama. Ikatan n-n* akan menyerap foton cahaya matahari dan mengalirkan elektron ke rangkaian sel surya. Salah satu metode yang dapat digunakan guna memperbanyak ikatan n-n* polimerisasi. Polimerisasi merupakan reaksi gabungan beberapa monomer dengan susunan ulang tertentu. Monomer yang dipolimerisasi adalah asam tanat yang merupakan senyawa organik yang memiliki sekitar 20 ikatan n-n*. Poli-asam tanat yang dihasilkan, kemudian digunakan sebagai zat wama pada rangkaian DSSC. DSSC yang telah dirakit diuji tegangan dan hambatannya dengan menggunakan multimeter digital. Zat wama yang telah dipolimerisasi dikarakterisasi menggunakan UV-Vis, FTIR dan dihitung berat molekul rata-rata polimer menggunakan metode viskositas. Hasil analisa UV-Vis menunjukan bahwa terjadinya pergeseran batokhromik pada zat wama yang telah dipolimerisasi. Efek batokhromik akan mengakibatkan semakin banyaknya foton yang dapat dikonversi menjadi energi listrik. Spektrum FTIR digunakan untuk mengkonfirmasi terbentuknya poli-asam tanat. Pada spektrum poli-asam tanat terdapat gugus eter yang terbentuk akibat ikatan asam tanat dengan pengikat silang. Efisiensi DSSC dengan zat wama yang dipolimerisasi didapatkan lebih tinggi dibandingkan zat wama yang tidak dipolimerisasi, yaitu 8,9%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 08 Feb 2021 04:32
Last Modified: 08 Feb 2021 04:32
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/29853

Actions (login required)

View Item View Item