Kajian Literatur Pengaruh LKS Inkuiri Terbimbing terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa untuk Berbagai Jenjang Pendidikan

Yarsina, Desra (2020) Kajian Literatur Pengaruh LKS Inkuiri Terbimbing terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa untuk Berbagai Jenjang Pendidikan. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_05_DESRA_YARSINA_16033071_2715_2020.pdf

Download (679kB) | Preview

Abstract

Pembelajaran kurikulum 2013 menuntut siswa untuk dapat aktif dalam proses pembelajaran. Sebab pembelajaran kurikulum 2013 dalam pelaksanaannya lebih berpusat pada siswa. Salah satu pembelajaran yang dapat menerapkan kurikulum 2013 adalah pembelajaran inkuiri terbimbing berbantuan LKS. Berdasarkan jumal yang dianalisis, pembelajaran yang dilaksanakan masih bersifat konvensional atau menggunakan metode ceramah dan masih rendahnya daya serap siswa pada materi pembelajaran, sehingga pembelajaran kurikulum 2013 belum tercapai. Oleh sebab itu, peneliti tertarik untuk melakukan penelitian yang bertujuan untuk menganalisis besar pengaruh LKS Inkuiri Terbimbing terhadap hasil belajar siswa ditinjau dari jenjang pendidikan dan materi pembelajaran pada jumal penelitian yang diteliti. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif dalam mengidentifikasi 17 jumal nasional dan jumal intemasional. Teknik pengumpulan data pada penelitian melalui studi literatur. Data yang didapatkan dari kajian literatur adalah data pengembangan LKS inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar siswa. Instrumen untuk pengumpulan data adalah lembar observasi dengan coding data atau pengkodean. Dimanavariabel-variabel yang diberikan kode yaitu sampel jumal-jumal yang diteliti ditinjau dari aspek jenjang pendidikan dan materi pembelajaran Hasil dari penelitian ini adalah pengaruh LKS inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar pengetahuan siswa pada jenjang pendidikan dan materi pembelajaran mengalami peningkatan hasil pembelaj aran yang signifikan. LKS inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar keterampilan siswa dengan nilai efektifitas rata-rata tertinggi adalah keterampilan proses sains berada pada jenjang pendidikan SMP, SMA, dan MAN, serta dapat diterapkan dalam materi kalor, listrik dinamis, pemanasan global, dan fluida statis.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 08 Feb 2021 04:32
Last Modified: 08 Feb 2021 04:32
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/29845

Actions (login required)

View Item View Item