Pengembangan LKPD Eksperimen Biologi Berorientasi Keterampilan Proses Sains untuk Peserta Didik SMA Kelas XI Semester I.

Safitri, Mitha (2021) Pengembangan LKPD Eksperimen Biologi Berorientasi Keterampilan Proses Sains untuk Peserta Didik SMA Kelas XI Semester I. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_3_MITHA_SAFITRI_16031058_136_2020.pdf

Download (602kB) | Preview

Abstract

Biologi merupakan salah satu mata pelajaran yang melibatkan kegiatan praktikum. Praktikum bertujuan untuk mengembangkan keterampilan proses sains yang dimiliki peserta didik, sehingga salah satu cara yang digunakan untuk menuntun dan mengarahkan peserta didik dengan penggunaan LKPD eksperimen biologi. Berdasarkan observasi yang telah dilakukan, diketahui bahwa keterampilan proses sains yang dimiliki oleh peserta didik masih tergolong rendah dan LKPD eksperimen yang terbatas. Oleh sebab itu dikembangkanlah LKPD eksperimen biologi berorientasi keterampilan proses sains untuk peserta didik kelas XI semester I. Pengembangan LKPD ini menggunakan tiga tahapan dari empat tahapan 4-D models yaitu define, design, dan development. Objek penelitian ini adalah LKPD eksperimen biologi berorientasi keterampilan proses sains untuk peserta didik kelas XI semester I. LKPD eksperimen divalidasi oleh dua orang dosen Jurusan Biologi FMIPA UNP dan seorang guru biologi SMAN 2 Payakumbuh, selanjutnya dilakukan uji coba untuk mengetahui tingkat kepraktisan LKPD eksperimen oleh guru dan 32 orang peserta didik kelas XI SMAN 2 Payakumbuh. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan menghasilkan LKPD eksperimen biologi berorientasi keterampilan proses sains. Nilai validitas dari validator 3,94 (sangat valid), nilai praktikalitas dari guru 4,00 (sangat praktis) dan nilai praktikalitas dari peserta didik 3,69 (sangat praktis). Maka dapat disimpulkan bahwa LKPD eksperimen biologi berorientasi keterampilan proses sains untuk peserta didik SMA kelas XI semester I yang telah dikembangkan sangat valid dan sangat praktis.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 05 Apr 2021 00:42
Last Modified: 05 Apr 2021 00:42
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/29841

Actions (login required)

View Item View Item