Hubungan Pelaksanaan Pengalaman Lapangan Industri Terhadap Kesiapan Memasuki Dunia Kerja Pada Mahasiswa Jurusan Teknik Otomotif Fakultas Teknik Universitas Negeri Padang

Ikwal, Ahmad (2020) Hubungan Pelaksanaan Pengalaman Lapangan Industri Terhadap Kesiapan Memasuki Dunia Kerja Pada Mahasiswa Jurusan Teknik Otomotif Fakultas Teknik Universitas Negeri Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
9_A_HMAD_IKWAL_1302778_3812_2020.pdf

Download (624kB) | Preview

Abstract

Perkembangan dunia industri semakin pesat terlihat dari banyaknya industri yang tumbuh berkembang. Dengan begitu kebutuhan akan SDM untuk di industri semakin meningkat, Universitas Negeri Padang sebagai salah satu lembaga pendidikan yang bertujuan untuk menghasilkan lulusan yang siap bekerja harus lebih meningkatkan lagi hasil lulusannya sebagai pekerja yang handal. Salah satu cara yang dilakukan oleh Universitas Negeri Padang adalah melalui Pengalaman Lapangan Industri (PLI). Berangkat dari hal itu penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh pelaksanaan Pengalaman Lapangan Industri terhadap kesiapan siswa memasuki dunia kerja pada Mahasiswa Jurusan Tenik Otomotif FT UNP J enis penelitian ini digolongkan pada penelitian korelasional sebab akibat. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa juruan teknik otomotif FT UNP yang telah melakuan PLI. Teknik pengumpulan data dengan menyebarkan kuesioner kepada mahasiswa. Analisis yang digunakan adalah analisis regresi sederhana dan uji hipotesis untuk melihat pengaruh pelaksanaan Prakerin terhadap kesiapan mahasiswa memasuki dunia kerja. Berdasarkan hasil penelitian, diketahui bahwa pelaksanaan PLI berpengaruh signifikan terhadap kesiapan mahasiswa memasuki dunia kerja. Hal ini ditunjukkan dari hasil analisis data bahwa nilai sig. 0,000 < 0,05. Maka Ho diterima. Basil penelitian ini juga memperoleh nilai koefisien determinasi (R Square) sebesar 0,669 atau 66,9%. Dengan demikian dapat dinyatakan bahwa pelaksanaan PLI memberikan pengaruh terhadap kesiapan mahasiswa memasuki dunia kerja setelah lulus dari perguruan tinggi sebesar 66,9%, sedangkan sisanya sebesar 33, 1 % disumbangkan oleh faktor lain yang tidak diteliti.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Otomotif - S1
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 08 Feb 2021 04:31
Last Modified: 08 Feb 2021 04:31
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/29832

Actions (login required)

View Item View Item