Tinjauan Boom Gate Untuk Ketertiban Penggunaan Moda di Lingkungan Kampus(Studi Kasus: Palang Pintu Utama Universitas Negeri Padang Air Tawar Barat)

Wisti, Alif Orya (2020) Tinjauan Boom Gate Untuk Ketertiban Penggunaan Moda di Lingkungan Kampus(Studi Kasus: Palang Pintu Utama Universitas Negeri Padang Air Tawar Barat). Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
12_A_ALIF_ORYZA_WISTI_17062008_2020_2020.ok.pdf

Download (498kB) | Preview

Abstract

Pemasangan palang pintu otomatis (boom gate) di Universitas Negeri Padang (UNP) Air Tawar Barat bertujuan untuk menertibkan arus kendaraan dan meningkatkan keamanan di kawasan UNP. Namun melihat lokasi UNP yang berada langsung berhubungan dengan jalan utama yaitu Jl. Prof Dr. Hamka dan juga berada di sekitar kawasan padat pemukiman, penggunaan boom gate dikhawatirkan akan menimbulkan masalah barn berupa tundaan hingga kemacetan, khususnya pada hari kerja dan jam sibuk. Untuk itu perlunya adanya tinjuan lebih lanjut mengenai penggunaan boom gate di kampus UNP nantinya. Kondisi ini dapat dilihat dari volume kendaraan, waktu tundaan, jumlah antrian dan panjang antrian. Berdasarkan hasil yang diperoleh jumlah moda yang tercatat sebanyak 309 sepeda motor dan 60 mobil dalam 5 menit. Data tersebut merupakan data tertinggi pada waktu puncak masing­ masing moda yang tercatat. Hal ini berarti ada 62 sepeda motor dan 12 mobil dalam satu menit. Disisi lain waktu rata­rata penggunaan boom gate untuk satu periode sepeda motor adalah 8 detik dan 11 detik untuk mobil. Maknanya dalam 1 menit boom gate hanya mampu mengoperasikan 8 sepeda motor dan 5 mobil, sehingga ada 54 sepeda motor dan 7 mobil yang mengantri akibat aktivitas boom gate. Hal tersebut membuktikan pengoperasian boom gate pada gerbang utama UNP akan menimbulkan tundaan dan kemacetan yang panjang

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Mesin - D3
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 08 Feb 2021 04:30
Last Modified: 08 Feb 2021 04:30
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/29830

Actions (login required)

View Item View Item