Pengaruh Penerapan Model CLIS terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Larutan Elektrolit dan Non Elektrolit di SMAN 1 Padang

Aulia, Annisa (2020) Pengaruh Penerapan Model CLIS terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Larutan Elektrolit dan Non Elektrolit di SMAN 1 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_07_ANNISA_AULIA_16035100_1577_2020.pdf

Download (578kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetabui pengaruh model pembelajaran Children Learning In Science terbadap basil be lajar kimia siswa kelas X MIA di SMA N egeri 1 Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen, dengan rancangan Randomized Control-Group Posstets Only Design. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas X MIA di SMA N egeri 1 Padang yang terdaftar pada tahun ajaran 2019/2020. Sampel penelitian terdiri atas dua kelas yaitu kelas eksperimen menggunakan model pembelajaran Children Learning In Science dan kelas kontro 1 dengan menggunakan model pembelajaran konvensional. Kedua kelas sampel ini diambil dengan menggunakan teknik random sampling. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes basil belajar pada aspek kognitif dalam bentuk soal pilihan ganda. Hipotesis penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran Children Learning In Science memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap basil belajar siswa pada materi larutan elektrolit dan non elektrolit kelas X MIA di SMA N egeri 1 Padang. Berdasarkan analisis data dapat diketahui bahwa nilai rata-rata basil belajar kelas eksperimen sebesar 85,29 dan kelas kontrol sebesar 78,43. Setelah dilakukan uji-t pada taraf nyata 0,05 didapatkan bahwa harga Ihitung > ttabel. Hal ini menunjukkan bahwa hipotesis penelitian diterima, sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Children Learning In Science memiliki pengaruh positif dan signifikan terbadap basil belajar siswa pada materi larutan elektroli dan non elektrolit kelas X MIA di SMA N egeri 1 Padang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 05 Feb 2021 03:25
Last Modified: 05 Feb 2021 03:25
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/29817

Actions (login required)

View Item View Item