Hubungan Motivasi Belajar dan Sikap dalam Kegiatan Praktikum dengan Hasil Ujian Praktikum Mahasiswa pada Mata Kuliah Keanekaragaman Hewan Invertebrata

Supriwardi, Lenty (2021) Hubungan Motivasi Belajar dan Sikap dalam Kegiatan Praktikum dengan Hasil Ujian Praktikum Mahasiswa pada Mata Kuliah Keanekaragaman Hewan Invertebrata. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_3_LENTY_SUPRIWARDI_15031071_889_2020.pdf

Download (704kB) | Preview

Abstract

Motivasi belajar dan sikap yang rendah ketika praktikum menyebabkan hasil belajar praktikum yang rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui motivasi belajar dan sikap mahasiswa pada kegiatan praktikum, hubungan motivasi dengan sikap, hubungan motivasi dengan hasil ujian praktikum, hubungan sikap dengan hasil ujian praktikum serta hubungan motivasi belajar dan sikap mahasiswa dalam praktikum dengan hasil ujian praktikum mahasiswa pada mata kuliah Keanekaragaman Hewan Invertebrata. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif korelasi yang telah dilakukan pada bulan November-Desember di Jurusan Biologi FMIPA UNP. Sampel berjumlah 40 orang mahasiswa yang berada pada pada empat kelas. Teknik pengambilan sampel adalah Proportional Random Sampling dimana sampel diambil 25% dari tiap kelasnya. Instrumen penelitian menggunakan angket motivasi belajar dan angket sikap. Data pada penelitian ini dianalisis menggunakan rumus korelasi Pearson Product Moment sederhana dan ganda, kemudian dilakukan Uji t serta Fhitung untuk mengetahui signifikan atau tidaknya hubungan tersebut dan mencari Koefisien Penentu (KP) untuk melihat besamya sumbangan X terhadap Y. Hasil penelitian didapatkan motivasi mahasiswa bemilai 72,5% dengan kriteria sangat tinggi. Sikap bemilai 47,5% dengan kriteria baik, dan hubungan motivasi belajar dengan sikap memiliki r = 0,14, t = 0,88 dan KP= 1,96% berarti hubungannya lemah dan tidak signifikan. Hubungan motivasi belajar dengan hasil ujian praktikum r = 0,35, t = 2,30 dan KP = 12,25% hubungannya sedang dan signifikan. Hubungan sikap dengan hasil ujian praktikum dengan nilai r = 0,06, t= 0,37 dan KP= 0,36% berarti hubungan sangat lemah dan tidak signifikan, serta hubungan motivasi belajar dan sikap dengan hasil ujian praktikum memiliki r =0,35, Fhitung = 3,54 dan KP = 12,25% yang artinya hubungan sedang dan signifikan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 29 Mar 2021 03:24
Last Modified: 29 Mar 2021 03:24
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/29784

Actions (login required)

View Item View Item