Kelarutan Pigmen Anorganik Kuning CdS dan Hitam CuS Dalam Gelasi Mikroemulsi Air Dalam Minyak dari Sistem Air, Tween 60 dan Sikloheksana Untuk Tinta Ballpoint

Syaputra, Andri (2021) Kelarutan Pigmen Anorganik Kuning CdS dan Hitam CuS Dalam Gelasi Mikroemulsi Air Dalam Minyak dari Sistem Air, Tween 60 dan Sikloheksana Untuk Tinta Ballpoint. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_8_ANDRI_SYAPUTRA_15036001_284_2020.pdf

Download (629kB) | Preview

Abstract

Penelitian tentang kelarutan pigmen anorganik kuning dan hitam dalam gel mikroemulsi air dalam minyak sistem air, Tween 60 dan sikloheksana telah selesai dilakukan. Tujuan dilakukan penelitian ini adalah untuk preparasi gel dari mikroemulsi air dalam minyak, menentukan kelarutan pigmen anorganik kuning dan hitam dalam gelasi mikroemulsi air dalam minyak, dan mengaplikasikan nya untuk tinta ballpoint. Jenis penelitian yang dilakukan ini merupakan penelitian eksperimen yang menguji tentang, densitas, indeks bias, kelarutan dan kekeruhan pigmen anorganik kuning dan hitam. Preparasi gel dilakukan dengan metode sol gel pada suhu rendah. Pembentukan gel dari mikroemulsi air dalam minyak dilakukan dengan penambahan TEOS dan etanol. Jumlah TEOS yang ditambahkan yaitu 1 :8 perbandingan mol terhadap jumlah air dalam mikroemulsi air dalam minyak.TEOS mengalami hidrolisis dengan air membentuk gel. Sedangkan etanol berfungsi sebagai pelarut organik TEOS dalam pembentukan gel. Kelarutan zat wama diamati dengan jumlah terlarut pigmen anorganik kuning dan hitam di dalam mikroemulsi air dalam minyak. Kelarutan pigmen hitam yaitu 3.2 mg/cm3, sedangkan pigmen kuning 2.9 mg/cm3. Untuk melihat kepekatan dari pigmen yang digunakan dilakukan pengukuran densitas. Densitas yang dihasilkan pada sol mumi yaitu 0,82 gr/cm3 pigmen hitam yaitu 0,924 gr/cm3 dan pigmen kuning 0,915 gr/cm3. Kemudian pengukuran indeks bias yang dilakukan dengan menggunakan refreaktometer ABBE. Hasil pengukuran indeks bias dapat dikaitkan dengan kelarutan dari pigmen, semakin besar kelarutan pigmen maka semakin tinggi nilai indeks biasnya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 29 Mar 2021 03:23
Last Modified: 29 Mar 2021 03:23
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/29775

Actions (login required)

View Item View Item