Komparasi Keterampilan Menulis Teks Deskripsi dengan Keterampilan Menulis Teks Cerita Fantasi Siswa Kelas VII SMP Negeri 7 Padang

Febrianti, Velia (2020) Komparasi Keterampilan Menulis Teks Deskripsi dengan Keterampilan Menulis Teks Cerita Fantasi Siswa Kelas VII SMP Negeri 7 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_01_VELIA FEBRIANTI_16016084_1999_2020.pdf

Download (948kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini ada empat. Pertama, mendeskripsikan keterampilan menulis teks deskripsi siswa kelas VII SMP Negeri 7 Padang. Kedua, mendeskripsikan keterampilan menulis teks cerita fantasi siswa kelas VII SMP Negeri 7 Padang. Ketiga, menjelaskan komparasi keterampilan menulis teks deskripsi dengan keterampilan menulis teks cerita fantasi siswa kelas VII SMP Negeri 7 Padang. Keempat, menganalisis faktor penyebab perbedaan keterampilan menulis teks deskripsi dengan keterampilan menulis teks cerita fantasi siswa kelas VII SMP Negeri 7 Padang. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode deskriptif. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah desain komparasi. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 7 Padang yang terdaftar pada tahun ajaran 2019/2020, yaitu sebanyak 255 siswa. Sampel dalam penelitian ini ditentukan dengan simple random sampling 20% dari populasi siswa per kelas, yaitu 48 siswa. Data dalam penelitian ini adalah skor hasil tes keterampilan menulis teks deskripsi dan cerita fantasi siswa kelas VII SMP Negeri 7 Padang dan hasil wawancara dengan siswa tentang keterampilan menulis teks deskripsi dan cerita fantasi. Data tersebut diperoleh melalui tes unjuk kerja dan wawancara. Tes unjuk kerja untuk mengukur keterampilan menulis teks deskripsi dan cerita fantasi, sedangkan wawancara digunakan untuk mengumpulkan data terkait pendapat siswa tentang keterampilan menulis teks deskripsi dan cerita fantasi. Hasil penelitian ini ada empat. Pertama, keterampilan menulis teks deskripsi siswa kelas VII SMP Negeri 7 Padang berada pada kualifikasi lebih dari cukup (LdC) dengan nilai rata-rata 75,26. Kedua, keterampilan menulis teks cerita fantasi siswa kelas VII SMP Negeri 7 Padang berada pada kualifikasi baik (B) dengan rata-rata 80,86. Ketiga, terdapat perbedaan yang signifikan antara keterampilan menulis teks deskripsi dengan keterampilan menulis teks cerita fantasi siswa kelas VII SMP Negeri 7 Padang. Keempat, ada empat faktor yang menyebabkan terjadinya perbedaan tingkat keterampilan menulis teks deskripsi dengan teks cerita fantasi siswa kelas VII SMP Negeri 7 Padang, yaitu unsur fakta dan opini pada teks, penggunaan ragam bahasa baku dan tidak baku, bakat dan minat, dan pendidik dalam proses belajar mengajar. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa keterampilan menulis teks deskripsi lebih rendah dibandingkan dengan keterampilan menulis teks cerita fantasi. Perbedaan tersebut dikarenakan beberapa faktor yang memengaruhi tingkat keterampilan tersebut, yaitu unsur fakta dan opini pada teks, ragam baku dan tidak baku, bakat dan minat, dan cara mengajar pendidik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 02 Feb 2021 07:15
Last Modified: 02 Feb 2021 07:15
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/29749

Actions (login required)

View Item View Item