Gaya Bahasa Hiperbola dalam Novel Bumi Manusia karya Pramoedya Ananta Toer dan Implikasinya dalam Pembelajaran Teks Novel di SMA

Aprila, Tri Mike (2020) Gaya Bahasa Hiperbola dalam Novel Bumi Manusia karya Pramoedya Ananta Toer dan Implikasinya dalam Pembelajaran Teks Novel di SMA. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_01_TRI_MIKE_APRILA_16016066_3779_2020.pdf

Download (926kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian adalah sebagai berikut. Pertama, mengetahui fungsi gaya bahasa hiperbola dalam novel Bumi Manusia karya Pramoedya Ananta Toer. Fungsi gaya bahasa ada empat (mengkonkretkan, menegaskan, mempuitiskan, dan membandingkan). Kedua, mengetaui makna gaya bahasa hiperbola dalam novel Bumi Manusia karya Pramoedya Ananta Toer. Makna gaya bahasa ada delapan (makna leksikal, makna gramatikal, makna referensial, makna nonreferensial, makna denotatif, makna konotatif, makna kias, dan makna idiom). Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Data yang digunakan dalam penelitian, yaitu kata, frasa, dan kalimat yang berhubungan dengan gaya bahasa hiperbola yang terdapat dalam novel Bumi Manusia karya Pramoedya Ananta Toer. Sumber data dalam penelitian ini adalah novel Bumi Manusia karya Pramoedya Ananta Toer yang berjumlah 535 halaman. Instrumen utama penelitian ini adalah peneliti sendiri. Teknik pengumpulan data, yaitu membaca, mencatat, dan menginventarisasikan gaya bahasa hiperbola dalam novel Bumi Manusia karya Pramoedya Ananta Toer. Teknik pengabsahan data menggunakan teknik uraian rinci. Teknik penganalisisan data, yaitu mengidentifikasi mengklasifikasi, menginterpretasikan atau menafsirkan, dan menyimpulkan dan menulis laporan. Hasil penelitian ini fungsi dan makna gaya bahasa hiperbola dalam novel Bumi Manusia karya Pramoedaya Ananta Toer. Fungsi gaya bahasa mengkonkretkan berjumlah 17 data. Fungsi gaya bahasa menegaskan berjumlah 16 data. Fungsi gaya bahasa mempuitiskan berjumlah 60 data. Fungsigaya bahasa membandingkan berjumlah 1 data. Makna leksikal gaya bahasa hiperbola yang ditemukan berjumlah 17 data, dan makna gramatikal gaya bahasa hiperbola berjumlah 3 data. Makna denotatif gaya bahasa hiperbola berjumlah 33 data, dan makna konotatif gaya bahasa hiperbola berjumlahl 7 data. Makna referensial gaya bahasa hiperbola berjumlah 3 data, dan makna nonreferensial gaya bahasa hiperbola berjumlah 4 data.Makna kias berjumlah 33 data, dan makna idiom gaya bahasa hiperbola berjumlahl 3 data. Simpulan dari basil penelitian dalam novelBumi Manusia karya Pramoedya Ananta Toer ditemukan 94 data gaya bahasa hiperbola. Fungsi gaya bahasa hiperbolayang digunakan oleh pengarang dominan menggunakan fungsi gaya bahasa mempuitiskan. Makna gaya bahasa yang digunakan oleh pengarang dominan menggunakan gaya bahasa hiperbola dalam novelBumi Manusia karya Pramoedya Ananta Toer adalah makna kias.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 02 Feb 2021 06:59
Last Modified: 02 Feb 2021 06:59
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/29745

Actions (login required)

View Item View Item